Denpasar (Antara Bali) - Sedikitnya seribu warga masyarakat Desa Nongan, Kabupaten Karangasem, memburu kera yang sempat menggigit I Nyoman Gunung (65) hingga tewas pada Senin (14/5), namun usaha pemburuan gagal menangkap satwa tersebut.

"Hari ini (Rabu) warga masyarakat kami turun memburu kera yang diduga rabies tersebut. Namun gagal menangkapnya," kata Komang Semara Yasa, staf pegawai Prebekel (Desa) Nongan, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali, saat dikonfirmasi dari Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan, sejak pagi hari warga sudah berkumpul dan melakukan perburuan terhadap satwa kera itu sepanjang Sungai (Tukad) Jinah. Termasuk disekitar tempat ditemukan korban Nyoman Gunung tewas bersimbah darah akibat gigitan kera.

"Warga masyarakat yang turun memburu kera tersebut dari 10 banjar (dusun) yang ada di desa setempat. Tetapi hingga saat ini kera yang diduga menggigit Nyoman Gunung belum dapat ditangkap," kata Semara Yasa, yang masih kerabat dari almarhum Nyoman Gunung.

Menurut dia, pemburuan terhadap satwa tersebut akan dilanjutkan hingga tertangkap. Karena satwa itu sudah mengkhawatirkan dan meresahkan warga masyarakat setempat.

"Satwa itu kini terus diburu warga. Bahkan saat pemburuan kera tadi pagi juga hadir dari Dinas Peternakan Kabupaten dan Provinsi Bali serta dari aparat kepolisian," ujarnya. (LHS) 

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012