Denpasar (Antara Bali) - I Nyoman Sugawa Korry, anggota Komisi II DPRD Bali, menyarankan pemprov perlu membentuk forum kerja sama antara pemerintah dengan kampus untuk mencetak para wirausahawan muda di Pulau Dewata.

"Kita semua hendaknya menyadari bahwa jiwa kewirausahaan warga di daerah kita masih tergolong rendah. Jumlah wirausahawan di Bali pun saat ini baru 0,24 persen dari total populasi penduduk Bali. Jumlah yang jauh dari ideal," katanya di Denpasar, Senin.

Menurut dia, jika kondisi minim dan lemahnya jiwa kewirausahaan dibiarkan berlarut-larut, sama saja artinya sikap pembiaran pemerintah terhadap munculnya berbagai permasalahan sosial.

"Setiap pertumbuhan yang terjadi di Bali tentu akan membuka kesempatan berusaha. Hanya saja jika masyarakat kita tidak bisa memanfaatkan peluang dan justru diambil pihak luar, lama kelamaan akan memicu frustasi masyarakat kita sendiri," ucap politisi dari Partai Golkar ini.

Menyikapi kondisi demikian, ia mengimbau Gubernur Bali dapat membuat forum kerja sama dengan pihak universitas di Pulau Dewata, khususnya fakultas ekonomi untuk merumuskan program pendidikan yang mampu mencetak para wirausahawan muda.

"Paling tidak jika dalam setahun terlahir 500 wirausahawan, itu minimal sudah membantu tersedianya 2.000 lapangan pekerjaan bagi masyarakat Bali lainnya," ujarnya. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012