Lynchburg, Virginia (Antara Bali) - Penantang calon penghuni Gedung Putih dari Republik, Mitt Romney, yang berusaha menarik kaum konservatif, Sabtu (12/5), dengan tegas menolak perkawinan sejenis dan mengumandangkan kepercayaannya pada nilai-nilai agama serta keluarga.

Tiga hari setelah Barack Obama menjadi presiden pertama AS yang mensahkan perkawinan sejenis, Romney mengatakan kepada lulusan perguruan tinggi bahwa keistimewaan keluarga tetap menjadi pusat semua prinsip yang menopang bangsa.

"Sama mendasarnya dengan semua prinsip ini, semua itu menjadi topik perdebatan demokrasi," kata calon dari Partai Republik tersebut kepada peserta klas 2012 di Liberty University, kampus Kristen terbesar di Amerika Serikat.

"Begitu juga dengan hari ini, yang memikul lembaga perkawinan. Perkawinan adalah hubungan antara seorang lelaki dan seorang perempuan," kata Romney, sehingga mengundang sambutan keras dari lebih 25.000 orang --yang paling banyak sejauh ini pada musim kampanye ini.

Romney, yang tidak secara langsung merujuk kepada kaum gay dan lesbian, sebelumnya telah menyuarakan penentangan terhadap perkawinan gay, kendati ia juga telah menyatakan pasangan sejenis mesti memiliki hak seperti mengadopsi anak.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012