Pjs Bupati Karangasem I Wayan Serinah memastikan kesiapan pelayanan RSUD Kabupaten Karangasem, khususnya Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) mandiri, dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke rumah sakit itu.

Keterangan dari Humas Pemkab Karangasem yang diterima, Kamis, melaporkan Pjs Bupati Karangasem itu memastikan kesiapan PCR dengan sidak bersama Sekda Kabupaten Karangasem dan Kalak BPBD, Kadiskes pada Selasa (1/12/2020).

Dalam sidak itu, Pjs Bupati bersama Sekda mmenanyakan keluh kesah yang dialami. Pjs Serinah juga memastikan kesiapan alat dan kesiapsiagaan anggota yang ada di PCR.

Kepada semua staf yang ada di PCR, Pjs Serinah mengatakan ilmu yang didapat saat pelatihan agar bisa direalisasikan dengan sebaik-baiknya dan bisa bermanfaat bagi orang banyak.

"Ingat berdoa dan jaga kesehatan diri sendiri agar bisa menjalankan tugas yang sebaik baiknya. Kesehatan diri dan disiplin diri adalah kunci utama," tegasnya.

Baca juga: Pjs Bupati Karangasem cek kesiapan puskesmas terima rujukan pasien COVID-19

Dalam waktu yang sama (1/12), Sekda Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta memimpin rapat terkait penanggulangan penyebaran COVID-19 di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Karangasem yang dihadiri unsur FKUB, PHDI, dan kepala OPD terkait.

Sekda menegaskan bahwa kecendrungan masyarakat melihat penyebaran COVID-19 telah landai, sehingga masyarakat jadi kurang waspada dan kurang disiplin. Karena itu, Sekda meminta semua jajaran kembali mempertegas protokol kesehatan, khususnya prokes saat digelar upacara agama di semua elemen.

"Jangan sampai kelandaian masyarakat terkait COVID-19, pemerintah menjadi ceroboh dan menganggap remeh semuanya. Pemerintah harus terus mengimbau memberikan informasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan yang masih berlaku," tegas Sedana Merta.

Dikatakan, disiplin prokes tidak hanya menyoroti klaster pasar tapi juga akan menyasar klaster persembahyangan.
"Jangan hanya pasar saja kita sasar, kita sasar ke tempat persembahyangn dengan cara memberikan imbau kepada masyarakat yang mau sembahyang, jangan membubarkan," katanya.

 

Pewarta: Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020