Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, mendampingi Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster, kembali melakukan kegiatan panen sayuran di Banjar Batusesa, Desa Candi Kuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Minggu (20/9), guna mengajak petani setempat untuk membudidayaan sayuran lokal.

Ny. Rai Wahyuni Sanjaya berharap kehadiran Putri Koster beserta rombongan mampu menjadi penyemangat, terlebih mampu mendongkrak harga sayuran di pasaran, khususnya di Kabupaten Tabanan.

"Melihat situasi seperti ini, kami ingin selalu turun menyemangati masyarakat. Mengingat sektor unggulan dari Tabanan adalah Pertanian," katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Putri Koster menyatakan prihatin melihat situasi para petani sayur di Batusesa dengan anjloknya harga di pasaran. Ia pun khawatir akan dimanfaatkan oleh pihak luar yang ingin mencari keuntungan.

Baca juga: Ketua PKK Bali ajak kembali ke alam di tengah pandemi COVID-19

Putri Koster meminta kepada semua pihak terkait di Banjar Batusesa dan sekitarnya agar melindungi, menjaga, dan ikut menyemangati para petani, sehingga para petani lebih bersemangat lagi melakukan produksi.

Untuk saat ini dan kedepan masyarakat lebih membudidayakan sayuran lokal ketimbang sayuran impor. Sayuran lokal di Tabanan lebih bagus kualitasnya dari pada sayuran luar.

"Selama ini, kita terlalu fokus pada makanan yang mempunyai kualitas impor untuk para wisatawan, sehingga masyarakat kita tidak terlalu biasa mengonsumsi sayuran tersebut. Untuk itu, kita didik masyarakat menikmati makanan berkualitas dari petani kita," ujarnya.
 

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020