Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali melaporkan pada Kamis (20/8) ada penambahan 50 pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh.

"Dengan demikian, secara kumulatif jumlah pasien yang telah sembuh sebanyak 3.751 orang atau 87,40 persen dari total kasus positif yang terkonfirmasi, " kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra, di Denpasar, Kamis.

Hingga Kamis (20/8/20) juga tercatat penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak 72 orang melalui transmisi Lokal, sehingga secara kumulatif kasus terkonfirmasi positif di Pulau Dewata menjadi 4.292 orang.

"Untuk kasus meninggal dunia hari ini tidak ada penambahan, sehingga datanya tetap 51 orang (1,19 persen)," ujar pria yang juga Sekda Provinsi Bali itu.

Baca juga: Sekda Bali minta masyarakat jaga diri, terapkan protokol kesehatan

Sementara itu, pasien positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan tercatat 490 orang (11,42 persen). Mereka tersebar dalam perawatan di 17 RS rujukan, maupun yang dikarantina di Bapelkesmas, UPT Nyitdah, Wisma Bima, Hotel Ibis, Hotel Grand Mega dan BPK Pering.

"Meskipun data kesembuhan pasien COVID-19 terus mengalami peningkatan, perlu diketahui bahwa sebanyak  90,59 persen dari kasus WNI terkonfirmasi adalah melalui transmisi lokal," ucapnya.

Oleh karena itu, Dewa Indra mengajak semua lapisan masyarakat untuk tetap menjaga diri dan kesehatannya, dengan menerapkan protokol kesehatan dimana saja dan kapan saja sehingga antara satu orang dan yang lainnya akan saling menjaga.

"Kesadaran dan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai Tatanan Kehidupan Era Baru menuju Masyarakat Bali yang Produktif dan Bebas COVID-19. Untuk itu, marilah kita laksanakan protokol kesehatan dengan disiplin untuk selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak fisik, dan menghindari keramaian," katanya.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020