Kuta (Antara Bali) - Kawasan Pantai Kuta, Bali, Jumat pada peringatan Nyepi terasa hening karena tidak ada aktivitas wisatawan dan kendaraan yang melintas.

Pantauan ANTARA, di Kawasan Kuta, Jumat, keheningan kawasan tersebut hanya diwarani suara kicauan burung, antara lain jenis tekukur dan jenis satwa lain sejak pagi hari.

Suasana obyek wisata dunia itu yang selalu dipenuhi oleh para pengunjung dari dalam maupun luar negeri, terlihat benar-benar sepi. Bahkan hingga siang hari tidak terlihat satu orang pun pecalang atau tenaga pengamanan adat maupun polisi.

Para wisatawan baik dalam maupun luar negeri yang menginap di kawasan sejak jauh-jauh hari diberikan informasi jika saat Hari Nyepi tidak diperkenankan untuk keluar dari areal hotel.

"Kami sudah memberitahukan kepada para tamu di hotel ini untuk tidak keluar saat Hari Nyepi. Mereka sama sekali tidak diperkenankan keluar dari areal hotel," kata Pejabat Eksekutif Komunikasi Pemasaran Hotel Grand Istana Rama, Bianca Rosetta, di Kuta.

Ia mengatakan pihaknya sama sekali tidak memperkenankan para tamu beranjak ke luar, hal itu sesuai dengan imbauan dari desa adat setempat.

Ada hal yang menjadi pengecualian, tambah Bianca, pihaknya mengizinkan ada tamu yang dapat ke luar hotel apabila dalam keadaan mendesak, seperti sakit sehingga harus dibawa ke rumah sakit.(IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012