Denpasar (Antara Bali) - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Denpasar mengimbau masyarakat setempat tidak resah terhadap kemunculan serangga jenis "Tomcat" yang sudah masuk wilayah perkotaan.

"Kami berharap warga  tidak resah terhadap kemunculan Tomcat, karena serangga itu sesungguhnya musuh alami hama wereng," kata Kepala Bidang Produksi Dinas Pertaniaan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Denpasar Ida Bagus Mayun di Denpasar, Rabu.

Hal tersebut dikemukakan Ida Bagus Mayun terkait adanya pengaduan warga di perumahan Nambi Permai, Kecamatan Denpasar Barat, karena sudah mulai merambah kompleks perumahan tersebut.

Ia mengatakan, akibat kejadian tersebut warga tidak perlu risau dan khawatir, karena Tomcat merupakan parasit yang tidak berbahaya, asal ditangani secara cepat dan tepat.

"Saat bersentuhan dengan kulit, jangan langsung dipukul. Karena saat disakiti, racun akan keluar dari tubuhnya. Lebih baik diusir secara halus, setelah itu bisa disiram dengan air panas atau disemprot menggunakan racun serangga atau obat nyamuk," katanya.

Mayun mengatakan, saat kulit kontak langsung dengan Tomcat, harus segera dibersihkan dengan deterjen, kemudian diolesi salep antiparasit, yaitu diprogenta.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012