Pemkab Gianyar kembali menyalurkan bantuan sembako tahap II kepada 27.320 KK warga kurang mampu yang terdampak COVID-19.


"Pembagian sembako tahap kedua kali ini yang disasar adalah keluarga miskin hasil pendataan organisasi pemerintahan daerah (OPD) sebanyak 6.554 KK dan KK miskin yang belum tersentuh bantuan sosial, baik  bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah," kata Bupati Gianyar Made Mahayastra dalam siaran pers Diskominfo yang diterima di Gianyar, Sabtu.


Saat melepas secara simbolis pembagian sembako pada masyarakat Gianyar di Jaba Pura Samuan Tiga Desa Bedulu, Blahbatuh Gianyar (17/7), Bupati Gianyar Made Mahayastra pada kesempatan itu menegaskan di masa pandemi, bahkan memasuki adaptasi kebiasaan baru semua masih berkutat dengan masalah kesehatan maupun dampak ekonominya.

"Sesuai Keputusan Menteri Keuangan tentang refocusing anggaran, penataan anggaran saat ini diarahkan untuk penanganan COVID-19, pemulihan ekonomi dan jaring pengaman sosial," tambah dia.


Baca juga: Bupati Gianyar tanggapi DPRD soal APBD 2019 dan "refocusing" APBD 2020

Bupati Mahayastra mengatakan sumber terbesar PAD di Gianyar adalah sektor pariwisata dan hampir semua lini perekonomian, baik pertanian, perikanan maupun UMKM juga bersandar pada bidang pariwisata. Begitu ada pandemi, semuanya menjadi terganggu dan makin banyak warga yang kehilangan mata pencaharian.


"Awalnya saya berfikir tidak akan bisa memberikan bantuan semuanya, namun berkat kerja keras semua pihak seperti kepala desa, kepala dusun, bendesa, hari ini semua bantuan bisa disalurkan pada yang berhak," katanya.


Sementara itu, Sekda Gianyar Wisnu Wijaya menambahkan pembagian sembako ini dilaksanakan serentak pada hari Jumat (17/7). Sebagai tempat penampungan sementara sembako ada di enam lokasi, yaitu Wantilan Pura Samuan Tiga untuk wilayah Kecamatan Gianyar dan Kecamatan Blahbatuh, Wantilan Pura Payogan Agung untuk wilayah Kecamatan Sukawati.


Baca juga: Bupati Gianyar dan DPR serahkan BLT-bahan pokok kepada warga Muslim


Selain itu, ditampung di Wantilan Pura Dalem Puri Peliatan untuk Kecamatan Ubud, Wantilan Pura Dalem Kanginan Tegallalang untuk Kecamatan Tegalllalang, Gedung Serbaguna Kantor Camat Tampaksiring untuk wilayah Kecamatan Tampaksiring, dan Gedung Serbaguna Kantor Camat Payangan untuk wilayah Kecamatan Payangan.

Saat ini tersedia beras hampir 600 ton, 28 ton kopi, 28 ton gula, minyak, sabun dan lain-lain siap diberikan pada seluruh masyarakat di Kabupaten Gianyar, kecuali yang memang dikecualikan oleh undang-undang tidak boleh menerima bantuan, seperti ASN, TNI/Polri, pensiunan dan perangkat desa, serta warga yang sudah mapan dari segi ekonomi.


Turut hadir pada pelepasan bantuan, Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun, Ketua DPRD Kabupaten Gianyar Tagel Winartha, Ketua PKK Gianyar Surya Adnyani Mahyastra dan Ketua Forkopimda Kabupaten Gianyar dan seluruh OPD di Lingkungan Pemkab Gianyar.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020