Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Provinsi Bali membuka pendaftaran dengan mekanisme daring atau "online" untuk masyarakat calon penerima 300 paket bahan pokok yang diberikan oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan anggota Komisi XI DPR I Gusti Agung Rai Wirajaya.

"Bantuan 300 paket bahan pokok ini akan disalurkan Kwarda Bali kepada masyarakat yang membutuhkan dengan cara mengisi data melalui link https://bit.ly/CALONPENERIMA dan mulai dibuka tanggal 5 Juni 2020 pukul 08.00 Wita," kata Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali I Made Rentin, di Denpasar, Selasa.

Menurut Rentin, tujuan penggunaan 'link' secara digital berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) ini agar bantuan tepat sasaran terutama bagi warga yang tercecer dari bantuan pemerintah.

Baca juga: Kwarda Pramuka Bali serahkan 2.000 masker COVID-19

Di tengah perkembangan zaman dan era teknologi, lanjut dia, Gerakan Pramuka Bali harus disesuaikan dengan kondisi kekinian sesuai visi Gerakan Pramuka Bali menuju Pramuka Kwarda Bali "Goes to Four Point Zero".

"Maka dengan itu kami membuka kepada masyarakat luas bagi yang membutuhkan bahan pokok, untuk mengisi data yang nantinya akan di validasi atau diverifikasi oleh tim," ujar Rentin yang juga Kalaksa BPBD Provinsi Bali itu.

Rentin pun mengucapkan terima kasih atas bantuan paket bahan pokok yang diberikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali bekerja sama dengan anggota Komisi XI DPR I Gusti Agung Rai Wirajaya sebagai bentuk solidaritas sosial yang dibutuhkan semua komponen masyarakat.

"Di saat-saat seperti inilah, sangat dibutuhkan adanya gotong royong kita semua. Kwarda Bali mengajak agar seluruh elemen masyarakat terus menjalankan semangat gotong-royong," ujar pria yang juga Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali itu.

Baca juga: BI Bali dan Rai Wirajaya donasikan 1.200 paket bahan pokok untuk masyarakat

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho mengapresiasi langkah Kwarda Bali yang menggunakan cara pendaftaran calon penerima bantuan secara daring.

Menurut Trisno, hal tersebut sejalan dengan program transaksi nontunai yang bersifat "contactless" berupa uang elektronik berbasis server, mobile banking, internet banking, dan QRIS yang mengalami peningkatan dalam masa pandemi COVID-19.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali bersinergi dengan anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya sebelumnya bertepatan dengan Hari Lahirnya Pancasilan mendonasikan sebanyak 1.200 paket bahan pokok kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 yang disalurkan melalui organisasi dan kelompok masyarakat di daerah itu.

Baca juga: Pramuka Kwarda Bali lakukan penyemprotan disinfektan

Adapun 10 organisasi dan kelompok masyarakat penerima bahan pokok dari BI Perwakilan Provinsi Bali dan Rai Wirajaya yakni Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali, Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Perumda Bukti Praja Sewakadarma Kota Denpasar, Banjar Kaja Desa Adat Sesetan, Banjar Kubu Delod Tukad Desa Adat Sesetan, Banjar Buana Agung Desa Adat Padangsambian, Banjar Pagutan Desa Adat Padangsambian, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Udayana, DPP Peradah Provinsi Bali dan Paguyuban Sedulur Kediri Bali.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020