Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar, Bali menyerahkan bantuan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) sebanyak 1.689 buah pelindung wajah (face shield) kepada  pedagang di pasar rakyat.

Kepala Disperindag Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari di Denpasar, Rabu, mengatakan bantuan ini CSR tersebut dari sejumlah perusahaan, yakni Bank BPD Bali Cabang Utama Jalan Gajah Mada Denpasar sebanyak 1.000 buah, 200 buah dari Tiara Dewata, 194 buah dari Ace Hardware, 200 buah dari Indomaret dan 95 buah dari Hatten.

"Bantuan pelindung wajah diberikan guna untuk mencegah dan mempercepat pemutusan mata rantai COVID-19. Maka dari itu CSR pelindung wajah ini diserahkan ke semua pedagang di pasar rakyat di Kota Denpasar," ujarnya.

Baca juga: GTPP Denpasar : Kasus COVID-19 bertambah tiga orang

Sri Utari mengatakan, dengan bantuan pelindung wajah ini pedagang bisa melindungi diri selama berdagang di pasar rakyat. Mengingat pasar merupakan tempat berkumpulnya orang banyak sehingga kemungkinan besar COVID-19 bisa terjadi di pasar.

"Kami harapkan dengan menggunakan pelindung wajah para pedagang di pasar rakyat akan terlindung dari penularan COVID-19," ucapnya.

Sri Utari mengatakan penyerahan bantuan pelindung wajah ini dilakukan di delapan pasar rakyat, yakni pedagang Pasar Agung, Pasar Phula Kerti, Pasar Kertawaringin Sari, Pasar Nyanglan, Pasar Sudha Merta, Pasar Pedungan, Pasar Windhu Boga dan Pasar Ubung.

Baca juga: Empat pasien COVID-19 di Denpasar dinyatakan sembuh

Tidak hanya menyerahkan bantuan pelindung wajah saja dalam upaya mempercepat memutus mata rantai COVID-19, tapi juga kembali menyosialisasikan kepada pedagang agar selalu mengikuti Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) Protokol Kesehatan Berniaga. Salah satu yang harus dilakukan adalah tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Dengan bantuan dan menyosialisasikan Protokol Kesehatan Berniaga kepada para pedagang di seluruh pasar rakyat, kami harapkan penularan COVID-19 bisa dicegah . Sehingga kehidupan masyarakat bisa berjalan normal seperti biasa," ujarnya.

Seorang pedagang, Dewa Ayu Raka mengucapkan terima kasih atas bantuan pelindung wajah yang diberikan. Menurutnya sebagai pedagang di pasar tentunya bantuan ini sangat berguna terutama mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Pemkot Denpasar jatuhkan sanksi pelanggar PKM

"Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih dan berdoa agar bencana ini segera berlalu. Sehingga kami bisa berjualan seperti sedia kala tanpa harus merasa ketakutan seperti saat ini," ucapnya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020