Dalam mencegah penyebaran pandemi virus Corona Virus atau COVID-19, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangli, Bali, melakukan inovasi baru dengan cara menyulap mobil layanan SIM Keliling menjadi kendaraan layanan kesehatan bagi masyarakat Bangli.

"Mobil SIM keliling yang disulap menjadi kendaraan layanan kesehatan beroperasi di pasar. Selain cek kesehatan, baik pedagang, pengunjung maupun masyarakat sekitar termasuk pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut, petugas juga membagikan masker," kata AKP Sulhadi, Kasubdit Humas Polres Bangli, dalam siaran persnya, Jumat.

"Kami dari kepolisian secara terus-menerus bergerak termasuk hari libur pun. Ini sebagai upaya Polri membantu menekan penyebaran pandemi COVID-19 di wilayah hukum Polres Bangli," katanya, Kasatlantas Polres Bangli, AKP I Nengah Sona.

Disinggung pengambilan tempat di seputaran Pasar Kidul, Kasatlantas menerangkan jika masyarakat khususnya di Bangli cukup ramai kegiatan di pasar. "Pasar Kidul kan menjadi tempat yang paling ramai aktivitas baik dari pedagang maupun pembeli. Apalagi jika saat rahinan (hari suci keagaaman-red). Kondisi ini cukup rawan akan merebaknya virus corona," jelasnya.

Baca juga: Polres Bangli lakukan aksi sosial di tengah pandemi COVID-19

Pengecekan kesehatan ini dilakukan sebagai upaya mengetahui kondisi kesehatan sejak dini untuk mencegah masuknya virus mematikan tersebut.

Pantauan di lokasi, nampak antusiasme warga mendatangi mobil layanan kesehatan tersebut. Begitu sampai, mereka langsung disambut petugas kesehatan dari Klinik Polres Bangli. Setelahnya baru dilakukan pengecekan kesehatan seperti cek suhu badan, tensi.

Bagi mereka yang dalam kondisi kurang fit, langsung diberikan vitamin dan obat dan disarankan untuk langsung pulang. Meski pelayanan kesehatan, kegiatan ini juga tetap mengikuti protap pencegahan COVID-19. Dimana petugas kesehatan tetap menggunakan alat pelindung diri, masker, jaga jarak antara petugas satu dengan yang lain. Kegiatan ini berlangsung dengan aman dan lancar.
 
Peduli Kasih
 
Wujud Kepedulian terhadap dampak Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia dan khususnya di wilayah Bangli, Polwan Polres Bangli dipimpin Kabag Sumda Kompol Ni Ketut Seni Paniyantini membagikan Sembako dan Masker kepada para pedagang dan pengunjung pasar Kayuambua yang kurang mampu untuk membantu meringankan beban mereka.

Baca juga: Di Bangli, Hand sanitizer dari arak Bali terdistribusi sampai ke pelosok desa
 
Ratusan Paket Sembako yang didistribusikan oleh para Polwan Polres Bangli di Pasar Kayuambua tadi pagi, Kamis (16/04) merupakan bantuan Kapolda Bali dan Ketua Bhayangkari Daerah Bali.
 
Sementara itu di sela-sela pembagian Sembako Kabag Sumda Polres Bangli Kompol Ni Ketut Seni Paniyantini, SH, MH., dengan didampingi Kasat Lantas Polres Bangli, Kapolsek Susut mengatakan, bakti sosial dengan memberikan Bantuan berupa paket sembako, Masker di Pasar Kayuambua ini ditujukan kepada para pekerja pasar, buruh pasar (tukang suwun), dan pengunjung pasar yang sudah lansia.
 
"Disamping memberikan bantuan sembako dan masker kami Jajaran Polres Bangli juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik, dan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), gunakanlah selalu masker saat di luar rumah dan selalu mematuhi segala bentuk imbauan dan seruan dari pemerintah demi kebaikan kita bersama," kata Ni Ketut Seni.
 
"Jangan dilihat dari nilainya dan Semoga yang kami lakukan ini bisa meringankan beban mereka ditengah Pandemi Covid-19 sehingga mereka tidak panik", tambah dia.
 
Pendistribusian paket sembako di Pasar Kayuambua juga dihadiri oleh Camat Susut I Nyoman Sedana bersama Muspika kecamatan Susut. Camat Susut mengatakan sangat berterimakasih kepada bapak Kapolda Bali beserta Ibu ketua Bhayangkari Daerah Bali yang telah memberi perhatian kepada warganya dengan membagikan paket sembako ditengah kesulitan masyarakat akibat Pandemi COVID-19, dimana ini sangat membantu mereka yang membutuhkan.

Baca juga: Polres, Kodim dan Pemkab Bangli lakukan penyemprotan disinfektan
 
Di tempat terpisah, Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan mengatakan kegiatan bakti sosial ini merupakan wujud kepedulian Polda Bali dan Polres Bangli kepada masyarakat terdampak Pandemi virus Corona ini yang sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat Bangli.
 
"Semoga Bhakti Sosial berupa pembagian sembako dan masker Polda Bali bersama Polres Bangli ini bisa membantu meringankan masyarakat yang terdampak COVID-19, Mari Bersama kita lawan dengan penuh semangat dan optimis," pungkasnya.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020