Kabag Ops Polresta Denpasar, Kompol I Nyoman Gatra mengatakan bahwa sekitar 25 persen masyarakat di wilayah Kota Denpasar kurang disiplin dengan protokol kesehatan selama wabah pandemi COVID-19.

"Dari hasil pengamatan belum maksimal, kedisiplinan atas protokoler kesehatan itu masih kurang, perlu ditingkatkan tapi secara umum, khususnya wilayah Denpasar, sudah 75 persen mulai disiplin, tapi yang 25 persen ini kan yang belum mungkin masih dalam keadaan terpaksa dia harus keluar rumah dan sebagainya," katanya pertelepon di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya akan tetap memberikan imbauan dan mengedukasi kepada masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan. Menurut dia, jika masih ada yang tidak memiliki stok masker maka akan diberikan oleh petugas kepolisian setempat, karena pihaknya juga bekerja sama dengan satgas relawan COVID-19 Bali.

"Rata-rata mereka keluar karena memang harus bekerja dan dari pengecekan saat gelar operasi rata-rata alasannya memang belum punya masker dan ada yang maskernya ketinggalan," jelasnya.

Baca juga: WNA di Bali beraktivitas tanpa gunakan masker

Sebelumnya (14/4), jajaran kepolisian Polresta Denpasar melakukan penyisiran di Jalan Bypass Ida Bagus Mantra, dan ditemukan beberapa pengguna jalan diantaranya tidak menggunakan masker, termasuk ada warga negara asing (WNA) asal Rusia.

Adapun personel kepolisian yang dikerahkan dalam setiap operasi yaitu sebanyak 35 orang dari Polresta Denpasar.

Sementara itu, jika ditemukan masih ada turis asing yang mengunjungi tempat wisata, Nyoman Gatra menegaskan bahwa pihaknya tetap akan memberikan imbauan dan arahan untuk berada di rumah serta mengikuti protokol kesehatan. "Jadi tidak ada istilah menutup dan kalau ada yang masuk ke daerah wisata kita lakukan imbauan untuk mengikuti protokol kesehatan, tetap dirumah, pakai masker saat berpergian, jaga jarak dan mengurangi mobilitasnya," katanya.

Ia mengatakan Polresta Denpasar juga berencana akan melakukan razia di wilayah Kuta, Denpasar karena masih terlihat beberapa warga negara asing saat berada diluar rumah atau tempat tinggalnya tidak menggunakan masker.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020