Penasehat Lembaga Karate-do Indonesia (Lemkari) Kota Denpasar, Bali I Gede Westra mengatakan potensi atlet karate dari Lemkari cukup banyak, karena itu perlu pembinaan secara berkesinambungan agar bisa mengikuti kejuaraan daerah dan nasional.

"Mengamati potensi atlet karate di Kota Denpasar yang cukup banyak, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga SMA/SMK. Karena itu, diperlukan pembinaan dan latihan secara kontinyu," kata Westra di sela pelantikan Pengurus Lemkari Kota Denpasar Periode 2020-2024 di Denpasar, Rabu malam.

Ia mengatakan bibit-bibit potensial pada cabang olahraga karate do sudah kelihatan, karena dari pelatihan, baik di sekolah maupun tempat umum semakin banyak di Kota Denpasar.

"Itu artinya, cabang olahraga bela diri karate peminatnya sangat banyak. Karena olahraga ini menuntut kedisiplinan berlatih dan membentuk karakter pribadi yang sportif, serta memegang teguh persahabatan," ujar Westra yang juga anggota DPRD Kota Denpasar itu.

Sementara itu, Ketua Umum Karate Provinsi Bali Wayan Geredeg didampingi Ketua Umum Lemkari Denpasar Putu Dedy Suparna, menekankan kepada Pengurus Karate Kota Denpasar senantiasa melakukan koordinasi dengan pelatih-pelatih karate, sehingga dengan semangat melatih akan melahirkan atlet yang berprestasi.

"Kami harapkan kepada pengurus yang baru dilantik selalu berkoordinasi antarpengurus maupun pelatih, sehingga latihan akan bisa dilakukan secara berkelanjutan," ujar Geredeg yang juga mantan Bupati Karangasem dua periode ini.

Baca juga: Indonesia tambah dua medali dari karate
Baca juga: Briptu Tebing Hutapea lolos PON 2020

Menurut dia, peminat untuk berlatih karate do cukup banyak, sehingga ekstra kurikuler beberapa sekolah cukup banyak menyediakan ruang kepada peserta karate.

"Untuk semua pengurus, kami berharap secara terus-menerus melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada karateka. Di Kota Denpasar, dalam setiap kejuaraan daerah, nasional dan internasional pasti menyabet medali. Itu artinya peminat dan atlet berprestasi berasal dari Kota Denpasar cukup potensial," katanya.

Pengurus Lemkari Kota Denpasar periode 2020-2024 yang dilantik adalah Ketua Umum I Putu Dedy Suparna, Kutua Harian I Nyoman Juliarta Giri, Sekretaris Umum Ida Bagus Suryawan Dharma, dan Bendahara Umum I Gusti Ngurah Irawan, serta dilengkapi koordinator dan seksi-seksi di masing-masing bidang.

 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020