Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klungkung kembali mempertahankan juara umum setelah memboyong delapan juara dalam Jambore PKK dalam rangkaian Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-48 Tingkat Provinsi Bali Tahun 2020.

Informasi dari Humas Pemkab Klungkung yang diterima, Rabu, menyebutkan keberhasilan PKK Klungkung dalam kegiatan di Taman Budaya Art Centre Denpasar (10/3) merupakan kali keempat setelah tahun 2015, tahun 2017 dan tahun 2019.

Capaian itu diraih kembali TP PKK Klungkung yang dipimpin Ny. Ayu Suwirta bersama Ny. Sri Kasta setelah menyapu bersih delapan juara dari total delapan perlombaan yang digelar Tim Penggerak PKK Provinsi Bali.

Adapun jenis lomba yang dimenangkan oleh TP PKK Klungkung, diantaranya Juara I Lomba yel-yel 10 Program Pokok PKK, juara I Lomba Penyuluhan Tertib Administrasi, juara I Lomba Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali, serta juara II Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja dengan penuh cinta kasih sayang dalam keluarga.

Selanjutnya, juara II Lomba Penyuluhan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga melalui UP2K PKK, juara II Lomba Penyuluhan Pemanfaatan Lahan Pekarangan melalui Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK, juara III  Pencegahan Stunting/Kekerdilan pada Balita dan juara III Lomba Paduan Suara.

Ketua TP PKK Klungkung, Ny. Ayu Suwirta mengatakan juara umum bukanlah tujuan utama TP PKK Klungkung, melainkan bagaimana mampu memberikan pembinaan-pembinaan kepada anggota maupun kader PKK dibawah serta berani tampil dan bersaing di tingkat provinsi. Lebih lanjut dikatakan Ny. Ayu Suwirta.

"Prestasi ini tidak terlepas dari kerja sama semua anggota maupun kader PKK dan dukungan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta selaku Pembina TP PKK Klungkung. Dengan keberhasilan ini, PKK Kabupaten Klungkung menyapu bersih juara pada delapan perlombaan di Jambore PKK dengan mempertahankan Piala Bergilir Gubernur Bali," katanya.

Istri Bupati Suwirta berharap dengan hadiah yang diraih ini bisa memotivasi anggota maupun kader PKK untuk berani tampil dan bersaing di tingkat Nasional nantinya. "Hadiah yang diberikan sekarang ini bisa menggugah hati para kader untuk semangat mengikuti semua perlombaan dan mamacu semangat kader yang ada di desa-desa," ujarnya.

Dalam sambutan pada Jambore PKK itu, Gubernur Bali I Wayan Koster berharap kegiatan PKK di tingkat Provinsi, Kabupaten/kota, Kecamatan, dan Desa betul-betul dapat bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat dan dapat menyelesaikan permasalahan di masyarakat secara real sesuai tupoksinya, bukan hanya seremonial.

Senada dengan itu, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster mengatakan juara atau tidak, itu bukan masalah, yang terpenting para kader PKK sudah tampil prima dalam mengikuti setiap perlombaan yang dilaksanakan pada Jambore PKK Provinsi Bali Tahun 2020.

 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020