Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti melanjutkan "wisata spiritual" setelah Hari Raya Galungan dan Kuningan dengan melaksanakan persembahyangan di Pura Luhur Tanah Lot, Beraban, Kediri, Tabanan.

Informasi yang diterima dari Humas Pemkab Tabanan, Jumat, menyebutkan Bupati Eka melaksakan persembahyangan dalam rangkaian Pujawali di pura tersebut yang jatuh pada setiap rahina Buda Wage Langkir, Rabu (4/3/), dan Nyejer selama beberapa hari hingga Sabtu (7/3/2020).

Didampingi oleh beberapa anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan beserta OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, Bupati Eka membaur dengan umat se-dharma dari berbagai daerah di Bali yang tampak memadati pura di tengahing segara itu.

Pujawali di Pura Luhur Tanah Lot juga bersamaan dengan Piodalan di Pura Batu Bolong dan Pura Penataran di Kawasan DTW Tanah Lot.

Selain karya/ritual, upacara Pujawali juga merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Banyak wisatawan yang menunggu kegiatan ini, sekaligus menikmati budaya dan pemandangan di kawasan DTW Tanah Lot.

"Kegiatan ini  merupakan upaya utuk meningkatkan spiritual diri dan wujud cihna bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi, persembahyangan ini juga diharapkan mampu menjaga kelestarian alam Tabanan serta pariwisata Bali, khususnya Tabanan tetap aman dan terkendali di tengah isu global saat ini," kata Bupati Eka.

Selain mayoritas masyarakat Tabanan menggeluti bidang pertanian, namun sektor pariwisata juga sangat banyak berpengaruh bagi pendapatan masyarakat Tabanan. Dengan melakukan persembahyangan bersama ini, diharapkan juga mampu memberikan berkah bagi sektor pariwisata di Tabanan.

Setelah melaksanakan persembahyangan di Pura Luhur Tanah Lot, Bupati Eka melanjutkan persembahyangan lagi ke Pura Taman Beji Pandawa dan Pura Dalem Alas Wana Bomo, Kediri. Pada saat itu, Bupati Eka juga menyerahkan punia yang diterima oleh Panitia Pujawali di Pura setempat.

Lomba Jambore PKK
Sementara itu, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-48 tahun 2020, dengan mengadakan Lomba Jambore di ruang rapat bawah kantor Bupati Tabanan.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan I Ketut Subrata Suyasa, Bupati Eka memberikan apresiasi kepada Ibu-ibu PKK se-Kabupaten Tabanan yang telah melaksanakan berbagai kegiatan lomba untuk meningkatkan wawasan para kader.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya, menjelaskan lomba-lomba yang diselenggarakan dalam Lomba Jambore PKK, diantaranya Lomba Tertib Administrasi, Lomba Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja dengan Penuh Kasih Sayang dalam Keluarga, Lomba Penyuluhan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Lomba Penyuluh Pemanfaatan Lahan Pekarangan melalui Hatinya PKK, dan Lomba Penyuluhan Pencegahan Stunting pada Balita.

"Untuk lomba paduan suara, lomba senam dan lomba yel-yel akan ditunjuk untuk lomba tingkat Provinsi Bali pada tanggal 10 Maret 2020," katanya.

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020