Denpasar (Antara Bali) - Griya Santrian Gallery di Sanur berencana menggelar enam kali pameran selama 2012 dengan menampilkan karya seni kontekstual.

"Pameran tunggal yang menampilkan karya I Made Muliana itu merupakan yang pertama kami gelar untuk tahun ini dan akan berlangsung hingga 2 Februari," kata Thomas U Freitag dari pihak Griya Santrian Gallery di Denpasar, Kamis.

Dia menjelaskan, setelah pameran tersebut usai digelar akan dilanjutkan dengan yang kedua dengan menampilkan karya seni dari para pematung.

Dia menilai meskipun karya-karya bertemakan kontekstual tidaklah terlalu mendapatkan perhatian dari para wisatawan mancanegara yang datang ke Bali, namun kreasi seperti itu perlu disuarakan mengingat kondisi sekarang yang begitu mengkhawatirkan akibat dampak negatif dari industri pariwisata.

Wayan Sunarta, kurator seni menilai hal sama jika saat ini banyak sekali permasalahan yang terjadi sebagai imbas dari pesatnya pariwisata di Pulau Dewata, namun hal itu kurang sekali diperhatikan oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Melalui karya seni seperti yang ditampilkan dalam pameran tunggal I Made Muliana diharapkan dapat mendorong para pelukis dan seniman lainnya di Bali untuk lebih peka terhadap masalah yang ada," ujarnya.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012