Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa, menyampaikan kepada jajaran Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, bahwa Pemerintah Kabupaten Badung sangat berkomitmen dalam berbagai upaya pemberantasan narkoba.

"Kami telah melakukan berbagai langkah-langkah positif salah satunya adalah dengan melakukan tes urine kepada seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Badung," ujar Wabup Suiasa kepada rombongan BNN yang dipimpin Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko, yang melakukan kunjungan ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Badung, Rabu.

Ia mengatakan, di lingkungan pemerintahan, selain tes urine pihaknya juga meningkatkan sinergitas seluruh jajaran Organisasi Peringkat Daerah bersama dengan BNN dalam penanganan masalah narkoba.

Pihaknya juga mendorong desa dinas yang ada di wilayah Badung untuk mengalokasikan dana yang akan digunakan sebagai pencegahan bahaya narkoba.

"Selain desa dinas, kami juga mendorong desa adat membuat regulasi atau awig/perarem tentang pencegahan narkoba dan mendorong generasi muda untuk melakukan kegiatan positif sehingga mereka terhindar dari penyalahgunaan narkoba," kata Wabup Suiasa.

Selain itu, komitmen Pemkab Badung dalam upaya pemberantasan narkoba juga telah diwujudkan dengan terus diberikannya dukungan penuh kepada BNNK Badung baik secara moril maupun materil.

Dukungan tersebut diwujudkan diantaranya dengan pemberian hibah kendaraan operasional dan hibah anggaran kepada BNNK Badung sebesar Rp1 miliar setiap tahun serta memberikan ruang BNN untuk hadir di Mal Pelayanan Publik.

"Itu semua guna memotong birokrasi pelayanan demi terwujudnya masyarakat di Badung yang sehat berbudaya dan Bersinar atau Bersih Narkoba," ujar Ketut Suiasa.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko bersama rombongan meninjau langsung proses pelayanan publik yang diselenggarakan oleh MPP Kabupaten Badung.

Pihaknya mengamati tentang segala hal yang berkaitan dengan MPP baik dari segi jumlah instansi yang bergabung, jenis layanan yang diberikan maupun mekanisme alur sistem pelayanan publik yang dilaksanakan mulai dari proses pendaftaran sampai terbitnya produk layanan.

"Kami memberikan apresiasi atas kinerja MPP Badung sehingga layak dijadikan lokus kunjungan dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasan masyarakat," kata Heru Winarko.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020