Pemerintah Kota Denpasar, Bali, menghimpun aspirasi masyarakat/rakyat terhadap tujuan, sasaran, serta program pembangunan daerah setempat, lewat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Denpasar Tahun 2021.

Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Anak Agung Ngurah Rai Iswara pada acara tersebut di Denpasar, Selasa, menyampaikan bahwa pembangunan pada hakekatnya merupakan proses perubahan ke arah yang lebih baik, dengan upaya terencana, dan muaranya adalah kesejahteraan masyarakat.

"Tahun 2021 merupakan tahun terakhir RPJMD Kota Denpasar Tahun 2016-2021, karena itu penyusunan RKPD  2021 harus lebih cermat dan terintegrasi sehingga target akhir RPJMD dapat tercapai serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah dan masyarakat Kota Denpasar secara lebih tepat dan strategis," ujarnya.

Rai Iswara lebih lanjut mengatakan ada lima fokus utama dalam pembangunan ke depan, yaitu pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi. 

Baca juga: PDAM Denpasar layani masyarakat lewat "konsultasi publik"

Berdasarkan hal tersebut, maka tema pembangunan Kota Denpasar Tahun 2021 adalah "Memperkuat Ekonomi Kreatif untuk Mendukung Pariwisata Berbasis Budaya melalui Peningkatan SDM yang berkualitas dan infrastruktur dengan Memantapkan Reformasi Birokrasi".

"Pemerintah sudah membuat salah satu langkah nyata untuk meningkatkan kualitas SDM di Kota Denpasar dengan dibangunnya gedung Dharma Negara Ayala (DNA) yang telah diresmikna pada Desember 2019. Saya berharap melalui penyelenggaraan forum konsultasi publik ini, akan dihasilkan dokumen perencanaan yang mampu mengemban misi penting untuk menyatukan pola pikir dan aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembanguna," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Jembrana Konsultasi Pembangunan Kepada Masyarakat

Sementara itu, Ketua Panitia Acara RKPD Denpasar yang juga Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Luh Rai Suryati mengatakan, aspirasi masyarakat selalu diharapkan untuk pembangunan yang berkelanjutan. 

"Masukan masukan yang konstruktif dari masyarakat sangat diharapkan pemerintah untuk peningkatan kualitas pembangunan di Kota Denpasar," katanya. 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020