Denpasar (Antaranews Bali) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Denpasar, Bali secara berkesinambungan terus berupaya memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat lewat penyelenggaraan "Konsultasi Publik".

"Saya harapkan melalui sosialisasi ini masyarakat pelanggan PDAM memahami mekanisme yang ada dalam setiap penyusunan kebijakan," ujar Direktur Utama PDAM Kota Denpasar Ida Bagus Gede Arsana di sela acara "Konsultasi Publik" tersebut di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan tersebut menyosialisasikan tentang mekanisme penetapan tarif air minum yang diatur dalam Permendagri Nomor 71 tahun 2016 serta beragam inovasi dan program PDAM Kota Denpasar kedepan.

Secara umum, PDAM dalam operasionalnya selalu mengedepankan dua fungsi yang meliputi fungsi ekonomi dan sosial, karena itu, dalam setiap pelaksanaanya senantiasa memperhatikan kedua sektor ini sehingga dapat memberikan layanan maksimal bagi masyarakat atau pelanggan.

"Kami terus melaksanakan inovasi dalam rangka memberikan pelayanan maksimal serta menyerap aspirasi karena kebutuhan masyarakat setiap harinya terus berkembang," katanya.

Selain itu, kata Arsana, bahwa dalam menentukan tarif, PDAM Kota Denpasar harus berpedoman dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 Tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum. Sehingga penetapan tarif harus memiliki asas keterjangkauan, keadilan, mutu pelayanan, pemulihan biaya, efisiensi pemakaian air, perlindungan air serta transparansi dan akuntabilitas.

"Pelaksanaan `Konsultasi Publik` ini merupakan upaya PDAM Kota Denpasar dalam memberikan pelayanan maksimal yang tepat sasaran bagi pelanggan serta sebagai wujud transparansi perusahan kepada masyarakat pelanggan dan sekaligus menerima serta menyerap masukan dalam upaya memaksimalkan layanan ke depan," ujarnya.

Sementara itu, seoarang pelanggan, Made Suparma mengatakan bahwa pihaknya selalu mendukung setiap program dan inovasi yang dilaksanakan oleh PDAM Kota Denpasar, karena pelayanan PDAM Denpasar hingga kini cukup positif dan aktif.

Kendati demikian pihaknya berharap agar seluruh inovasi dan memberi kemudahan bagi masyarakat atau pelanggan. "Kami terus mendukung PDAM Kota Denpasar dalam memaksimalkan layanan kepada pelanggan dan masyarakat," katanya. (WDY).

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018