Wakil ganda campuran Indonesia Ricky Karandasuwardi/Pia Zebadiah Bernadet langsung tersingkir di babak pertama Indonesia Masters 2020, Selasa, setelah dikalahkan pasangan asal China Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dengan dua gim langsung 9-21, 15-21.

Kekalahan tersebut menjadi yang kedua di bulan Januari, dengan kekalahan pertama dialami Ricky/Pia satu pekan sebelumnya di babak kedua Malaysia Masters dengan skor 13-21, 23-25.

"Kami sering kecolongan angka dari mereka, waktu di Malaysia mereka juga sama. Pintar ambil kesempatan. Mereka dari awal juga lebih siap," kata Ricky saat ditemui setelah bertanding di Istora Senayan Jakarta, Selasa.

Baca juga: Hendra/Ahsan "role model" ganda putra

Pada pertandingan berdurasi 24 menit ini, Ricky/Pia langsung tertinggal jauh di set pertama. Lawannya yang merupakan peringkat dua dunia itu membuka permainan dengan kecepatan pukulan yang sulit diladeni Ricky/Pia.

"Kami kaget karena mereka dari awal langsung servis panjang, biasanya kalau awal permainan pasti pukulan pendek. Mereka mainnya langsung keras. Waktu di Malaysia mereka juga sama," pungkas Ricky menceritakan.

Sementara Pia mengaku masih kurang persiapan menghadapi Wang/Huang, padahal sebetulnya dia sudah memperkirakan strategi serupa di Malaysia Masters akan kenbali dipakai lawannya.

"Kami sudah tahu juga mereka mainnya seperti itu, tapi dari kaminya saja yang kurang persiapan matang. Mereka pakai pola yang sama. Selain itu kami juga tidak ada pelatih, kalau ada (yang mendampingi) bisa kasih masukan dan mengingatkan kalau salah," Pia menuturkan.

Dari tujuh wakil Indonesia di ganda campuran, tiga di antaranya gagal di babak pertama. Selain Ricky/Pia, pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari ditundukkan Lee Jhe-Huei/Hsu Ya Ching (Taiwan) 15-21, 13-21.

Baca juga: Ruselli Hartawan tantang unggulan pertama semifinal SEA Games 2019

Lalu pasangan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso dikalahkan wakil Malaysia Tan Kian Meng/Lai Pei Jing 14-21, 12-21.

Sementara unggulan kelima Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti langsung lolos ke babak kedua setelah lawannya dari Belanda yaitu Selena Piek, yang berpasangan dengan Robin Tabeling, mengundurkan diri akibat sakit.

Pasangan kelima yaitu Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja masih menjalani laga kontra Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong yang merupakan unggulan pertama asal China.

Dua wakil Indonesia lainnya yaitu Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika dan Tontowi Ahmad/Apriani Rahayu baru akan bertanding hari Rabu.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020