Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika akan merancang penyaluran program sistem pertanian terintegrasi (simantri) dengan pola penggemukan sapi.

"Ke depan kami akan merancang dalam program simantri ini tidak saja penyaluran dengan pemeliharaan sapi, tetapi pola pengembangan penggemukan sapi bali," kata Mangku Pastika di Desa Landih, Kabupaten Bangli, Bali, Minggu.

Seusai meninjau program simantri di Kabupaten Bangli itu, ia mengatakan, saat ini program yang dimulai sejak 2009 hingga 2011 sudah ada kelompok sebanyak 200 unit yang tersebar di kabupaten/kota di Bali.

"Dengan pola tersebut secara berlahan-lahan warga masyarakat dapat diberdayakan dan melakukan ekonomi kreatif menuju kesejahtraannya," ucap Mangku Pastika yang didampingi sejumlah Kepala Satuan Kerja Pelaksana Daerah (SKPD) Provinsi Bali.

Ia mengatakan, pemikiran untuk melakukan program penggemukan sapi yang nantinya akan disalurkan kepada kelompok tersebut, diharapkan akan mempercepat perputaran ekonomi, termasuk juga meningkatkan pertumbuhan sapi bali.

"Diharapkan kebutuhan sapi potong akan berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan pasar dan memenuhi kuota yang kita rancang," katanya.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011