Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang, Kepulauan Riau, melakukan kunjungan ke wilayah Kabupaten Badung, Bali, untuk mempelajari terkait upaya pengendalian inflasi daerah.

"Kegiatan ini merupakan studi komparatif tentang Pelaksanaan Capacity Building Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tanjungpinang ke TPID Kabupaten Badung," ujar Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma di Mangupura, Badung, Senin.

Ia mengatakan, melalui kunjungan tersebut, pihaknya ingin meningkatkan wawasan dan kualitas Sumber Daya Manusia Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Tanjungpinang dengan mempelajari program-program pengendalian inflasi daerah yang telah dilakukan di wilayah Kabupaten Badung.

Pihaknya memilih Badung sebagai lokasi kunjungan karena menurutnya, Kabupaten Badung telah memiliki prestasi dalam melakukan pengendalian inflasi.

"Di Kabupaten Badung kami juga saling berbagi pengalaman mengenai program-program unggulan serta berbagai inovasi dan kiat-kiat pengendalian inflasi di daerah masing-masing," kata Rahma.

Sementara itu, Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, yang menerima langsung rombongan Pemkot Tanjungpinang mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kunjungan kerja Pemerintah Kota Tanjungpinang yang telah memilih Kabupaten Badung sebagai tujuan untuk studi komparatif itu.

Ia menjelaskan, Kabupaten Badung telah berhasil meraih penghargaan sebagai Tim Pengendalian Inflasi Daerah berprestasi dengan unggulan TRI PURA, melalui pengembangan Tiga Pangan Utama Strategis.

"Itu meliputi kerja sama antara kami Pemerintah Kabupaten Badung dengan Kelompok ternak ayam dan kelompok petani untuk meningkatkan produksi telur ayam, bawang merah dan cabe," katanya.

Meskipun begitu, menurutnya masih banyak hal terkait upaya-upaya pengendalian inflasi daerah di Badung yang masih harus terus diperbaiki dan ditingkatkan.

"Dengan saling berbagi informasi dan pengalaman yang dimiliki oleh Pemkot Tanjungpinang ini, nantinya kedua daerah bisa saling melengkapi," kata Wabup Suiasa.

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan sesi diskusi yang dipimpin oleh Plt. Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, I Ketut Sudarsana dan Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Badung, A.A. Sagung Rosyawati

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019