Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 76.573 ekor sapi potong asal Bali dikirimkan setiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di wilayah Jakarta dan Jawa Barat.

"Jumlah sapi potong yang dikirimkan itu merupakan batas maksimal pengiriman setelah dilakukan penghitungan secara cermat mengenai pemenuhan kebutuhan daging sapi di Bali maupun luar Pulau Dewata," kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi Bali I Putu Sumantra, di Denpasar, Rabu.

Dia mengatakan, jumlah sapi potong yang dikirimkan dari wilayah tujuan wisata internasional itu masih kecil jika dibandingkan kebutuhan secara nasional.

Hal itu karena, tambah Sumantra, populasi sapi di Pulau Dewata masih tidak terlalu banyak, jumlahnya hanya 637 ribu ekor.

Populasi sapi di Bali masih kalah dibandingkan dengan provinsi lainnya di Tanah Air, terutama Jawa Timur dengan populasi sebanyak 4,7 juta ekor sapi potong dari 7,5 sapi potong di seluruh Pulau Jawa.

"Kami mengirimkan sapi dari Pulau Dewata ke dua daerah tersebut karena kebutuhan akan daging sapi di sini relatif tidak terlalu tinggi," ujarnya.(**)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011