Negara (Antara Bali) - Bupati Jembrana, I Putu Artha, meminta kalangan pendidik di daerahnya meningkatkan profesionalismenya karena sektor pendidikan sangat penting, terutama terkait ketersediaan sumber daya manusia untuk pembangunan daerah.

"Dengan sumberdaya manusia yang berkualitas, pembangunan akan bisa lebih cepat dilakukan," katanya dalam upacara peringatan HUT Ke-66 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Negara, Bali, Jumat.

Sementara dari sisi organisasi, Artha berharap PGRI bisa merealisasikan tiga poin penting berkaitan dengan peningkatan profesinalisme guru.

Poin pertama, PGRI harus mampu meningkatkan mutu dalam mencerdaskan anak bangsa. Kedua, mampu tampul menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat, dan ketiga, dapat meningkatkan kepedulian guru dalam membangun karakter bangsa.

"Guru harus sadar akan kedudukan dan pentingnya pembangunan karakter bangsa yang cerdas, kompetitif, bertanggungjawab, bermartabat, dan berbudi pekerti luhur," kata Bupati.

Dari sisi pemerintah, Artha berjanji akan terus meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan kepada masyarakat dengan jalan pemerataan akses pendidikan.

"Tentu saja hal tersebut juga diimbangi dengan peningkatan mutu pendidikan," katanya.

Menurut Artha, perhatian Pemkab Jembrana terhadap sektor pendidikan ini tercermin dari besaran alokasi dana dalam RAPBD 2012 yang mencapai 40 persen.(**)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011