Warga dan aparat Pemerintah Kabupaten Buleleng pada Senin bersih-bersih kawasan sungai di Kelurahan Kampung Kajanan, Singaraja, Buleleng, dalam upaya mengantisipasi kemungkinan datangnya bencana pada musim hujan.

"Aksi bersih-bersih sungai ini dilakukan setelah ada laporan dari masyarakat tentang adanya tumpukan sampah di Sungai Buleleng di wilayah Kampung Kajanan," kata Camat Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Aksara.

Bersama warga dan petugas kecamatan, aparat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng membersihkan sampah di sekitar sungai lalu memasukkannya ke dalam karung lalu diangkut menggunakan gerobak menuju pinggir jalan besar.

Baca juga: Pemkab Jembrana gandeng aktivis lingkungan bersihkan sampah sungai

Petugas Dinas Lingkungan Hidup Buleleng akan mengambil sampah itu menggunakan truk.

 "Kegiatan ini dilakukan secara spontan sebagai bentuk respons cepat terhadap laporan dari masyarakat," kata Dody.

Ia menambahkan, Pemerintah Kecamatan Buleleng sudah menginstruksikan seluruh lurah untuk memantau kebersihan sungai atau kali di wilayah masing-masing dan melaporkannya ke kecamatan beserta langkah-langkah yang akan dilakukan untuk menanganinya.

"Minggu ini, kita akan berkeliling di kelurahan yang memiliki daerah bantaran sungai untuk memberikan pemahaman tentang sampah serta mencarikan solusi tentang sampah rumah tangga," kata Dody.

Baca juga: PDAM Denpasar gelar aksi bersih sungai Badung

Pewarta: Made Adnyana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019