Bupati Jembrana I Putu Artha mengharapkan ikatan emosional dan rasa bangga tumbuh di hati segenap masyarakat Kabupaten Jembrana, Bali lewat perayaan HUT ke-124 Kota Negara yang merupakan ibukota kabupaten tersebut.

“Ikatan emosional itu dalam wujud rasa kebersamaan dan sinergitas segenap komponen masyarakat Kabupaten Jembrana, dengan pemerintahan daerah. Sebagai pelayan masyarakat, kami juga berharap partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Dengan demikian,  Kabupaten Jembrana dengan ibukota Negara dalam kehidupan masyarakatnya menjadi semakin baik dan sejahtera," katanya saat puncak perayaan HUT Kota Negara yang ditandai dengan pemotongan tumpeng, Kamis (15/8) malam.

Ia mengatakan, perayaan HUT Kota Negara ke-124 ini, mampu mempersatukan semua elemen masyarakat menampilkan potensi  seni budaya serta kreativitas  wilayah masing-masing seperti festival jegog, gong kebyar, beleganjur, layang-layang hingga sejumlah pertandingan olahraga tradisional.

“Ini   wujud  dukungan serta komitmen pemerintah daerah akan  pelestarian nilai-nilai budaya, serta sejarah Jembrana," katanya.

Perayaan HUT Kota Negara ke 124 di areal Gedung Kesenian Bung Karno berlangsung meriah, dengan puncak pemotongan tumpeng oleh Putu Artha yang diserahkan kepada Ida Bagus Indugosa yang menjabat sebagai bupati Jembrana periode 1990-2010.
 
Resepsi puncak ini juga dihadiri Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Ketua DPRD Sementara Ni Made Sri Sutharmi, serta jajaran Forkopimda Jembrana.

Perayaan malam itu juga menandai dibukanya Jembrana Festival yang akan diisi festival kuliner, clothing, lomba penjor hias, dokar hias, lomba mancing, lomba lari 10 kilometer, fashion show pakaian batik endek, panjat pinang dan hiburan lainnya.

Baca juga: Jembrana adakan lomba peringati HUT Kota Negara dan HUT RI

Ketua Peringatan HUT Kota Negara ke-124, sekaligus Sekda Jembrana I Made Sudiada mengatakan, peringatan tahun ini mengusung tema besar Prabawa Natha yang memiliki makna Kewibawaan Pemimpin Menuju Jembrana Maju Dan Masyarakat Yang Sejahtera.

Untuk itu, katanya, sejumlah kegiatan telah disusun panitia yang berasal dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Jembrana dan akan berlangsung sebulan penuh dengan menghadirkan 55 jenis kegiatan .

"Kita hadirkan kepada masyarakat sejumlah kegiatan seperti pertandingan olahraga, kegiatan lomba, pentas seni budaya serta pameran kerajinan," katanya.

Baca juga: Jembrana terima penghargaan sebagai kabupaten layak anak

Peringatan HUT yang digelar sejak 2 Juli lalu diawali  matur piuning ke sejumlah pura, hingga ditutup nanti pada tanggal 1 September dengan Pawai Budaya Jembrana.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019