Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali, mengadakan berbagai lomba untuk memperingati HUT ke 124 Kota Negara dan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, seperti pertandingan catur di DPRD setempat.

“Kepada peserta saya tekankan agar selalu menjunjung tinggi sportivitas selama pertandingan. Ke depan dengan adanya lomba catur ini dapat melahirkan atlet–atlet catur profesional yang bisa membawa nama Jembrana, baik regional bahkan internasional," kata Bupati Jembrana I Putu Artha, saat membuka pertandingan catur di DPRD Jembrana, Jumat.

Sekretaris Dewan I Made Sudantra mengatakan, kejuaraan catur ini diikuti 204 peserta yang dibagi menjadi tingkat SD, SMP, SMA dan masyarakat umum.

Sedangkan Ketua DPRD I Ketut Sugiasa mengungkapkan, kejuaraan catur ini sudah terselenggara sebanyak enam kali, yang diadakan setiap HUT Kota Negara dan HUT Kemerdekaan RI.

Selain kejuaraan catur, di hari yang sama, juga digelar berbagai macam perlombaan. seperti lomba senam kebugaran jasmani yang diikuti antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Jembrana yang dilaksanakan di Gor Kresna Jvara.

Untuk melestarikan tradisi, panitia HUT Kota Negara dan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Jembrana juga menyelenggarakan perlombaan permainan tradisional seperti pentaque, dagongan, hadang, tajog/egrang hingga lomba terompah.

Digelar di Taman Pecangakan depan Kantor Bupati Jembana, jalannya perlombaan berlangsung seru dan meriah dengan peserta karyawan di lingkup Pemkab Jembrana perwakilan masing masing OPD maupun kecamatan.

"Permainan tradisional sudah rutin kita pertandingkan tiap menyambut HUT Kota Negara. Tiap peserta maupun penonton biarpun saling berlomba, terjalin keakraban satu sama lain, "  Wakil Ketua Panitia HUT Kota Negara I Nengah Ledang.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019