Penyelenggaraan Festival Budaya Pertanian 2019 di Jembatan Tukad Bangkung, Desa Pelaga, Kabupaten Badung, Bali, pada 4-7 Juli, menembus transaksi lebih dari Rp1 miliar.

"Hanya dalam empat hari penyelenggaraan festival, kami dapat memperoleh hasil yang signifikan. Menurut kami kegiatan ini memberikan dampak ekonomi yang luar biasa, khususnya bagi masyarakat sekitar," ujar Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, I Ketut Sudarsana di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan, selama empat hari pelaksanaan Festival Budaya Pertanian, pihaknya sudah melaksanakan 12 jenis lomba yang dinilai berjalan dengan baik.

"Pemerintah daerah telah membantu 49 tenda pameran dan pada pelaksanaannya telah berkembang menjadi 93 tenda. Ini artinya secara tidak langsung festival ini memiliki daya tarik tersendiri," katanya.

Ia berharap, festival serupa harus dirancang secara lebih baik lagi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya masyarakat yang menekuni usaha di bidang pertanian.

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama panitia yang sudah bekerja keras serta para peserta lomba yang telah ikut mensukseskan festival ini. Semoga Festival Budaya Pertanian tahun selanjutnya dapat lebih meriah dan berdampak positif bagi masyarakat," kata Ketut Sudarsana.

Baca juga: Festival budaya pertanian Badung dorong pemasaran produk lokal

Sebelumnya, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, mengatakan Festival Budaya Pertanian diharapkan dapat mendorong potensi serta mengembangkan pemanfaatan produk-produk pertanian lokal petani khususnya di wilayah Badung utara.

Menurutnya, hasil produksi para petani di wilayah Badung Utara diharapkan dapat memenuhi kebutuhan produk-produk pertanian yang diperlukan oleh sektor pariwisata dan perhotelan di kawasan Badung Selatan.

"Jika produk itu sudah ada di Badung, mari gunakan itu, untuk mengangkat produk pertanian lokal. Pemerintah juga harus bisa menjadi jembatan antara petani dengan hotel. Kalau tidak tersedia, baru gunakan hasil dari daerah lain,” katanya.

Baca juga: Gubernur Bali rancang festival agro tahunan

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019