Kuta (Antara Bali) - Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kemenbudpar, M Faried mengatakan, Festival Danau Batur di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, merupakan salah satu bentuk promosi pariwisata di Tanah Air yang diharapkan dapat meningkatkan pemerataan distribusi kunjungan wisatawan antara wilayah selatan dan timur di Bali.

"Selama ini wisatawan yang datang ke Pulau Dewata hanya terpusat di wilayah selatan saja, sedangkan daerah lainnya cukup minim jumlah kunjungan pelancongnya. Oleh karena itu perlu ada pemerataan distribusi," kata Faried di sela-sela penjelasan tentang Festival Danau Batur di Kuta, Bali, Minggu.

Dia menjelaskan, saat ini yang menjadi salah satu fokus promosi wisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata adalah objek wisata yang berada di timur daerah tujuan pariwisata dunia itu.

Salah satu objek wisata yang memiliki potensi yang besar adalah wilayah Kintamani, tambah Faried, sehingga acara tersebut dipilih di kawasan pariwisata dengan pesona alam yang fantastis.

"Selain potensi keindahan alam, wilayah tersebut juga memiliki keragaman budaya yang menarik untuk lebih dikenalkan ke kalangan masyarakat dunia melalui festival tersebut," ujarnya.

Faried mengatakan, lokasi festival rencananya terletak di Dermaga Penyeberangan Desa Kedisan, Danau Batur. Acara tersebut akan berlangsung 10-11 Oktober 2011.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli I Nyoman Pudja mengatakan, Kintamani merupakan ikon pariwisata di kabupaten tersebut sehingga dengan adanya kegiatan itu dapat menambah kunjungan wisatawan baik dalam dan luar negeri semakin bertambah.(**)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011