Pemerintah Kabupaten Bangli, Bali, menyepakati kerja sama "Tabloid Digital" dengan Perum LKBN Antara Biro Bali yang bentuknya khusus berisi kegiatan Pemkab Bangli dalam beberapa periode.

Kesepakatan itu terjalin dalam kunjungan Kasubag Pengendalian Kerjasama & Tamu, Humas Pemkab Bangli, I Nengah Karya Atmaja, ke kantor LKBN Antara Biro Bali di Denpasar, Jumat (3/5/2019).

Dalam kunjungan itu, staf Humas Pemkab Bangli itu diterima oleh dua staf LKBN ANTARA Bali, yakni staf Komersial, Analia St Marqona, dan staf Administrasi/ Kesekretariatan dan Keuangan, Nyoman Aditya.

Pemkab Bangli menyepakati pembuatan Tabloid Digital "ANTARA Bali" untuk periode pertama pada bulan Januari-Maret 2019 sebanyak 150 eksemplar. Tabloid Digital itu memang bersifat "print" (cetak) dan sekaligus berbentuk "digital" (online/daring) yang melekat/menempel pada link portal Bali.AntaraNews.com.

"Rencananya, Tabloid Digital Khusus itu akan dikembangkan dalam sejumlah "event", seperti HUT Kabupaten Bangli, HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, dan Kegiatan Evaluasi Akhir Tahun Pemkab Bangli," katanya.
 
Selain tabloid digital khusus itu, kunjungan itu juga membicarakan rencana kerja sama pelatihan jurnalistik khusus untuk staf pemkab setempat.

Selama ini, LKBN Antara Bali sudah memiliki kerja sama dalam bentuk tabloid digital dengan Pemkab Badung yang sifatnya rutin dalam dua kali sebulan.

"Kini, kami bekerja sama dengan Pemkab Bangli, namun bersifat khusus informasi tentang aktivitas Pemkab Bangli dan terbit dalam event khusus pula," kata staf Komersial LKBN Antara Bali, Analia St Marqona.

Baca juga: Putri Koster terkesan pameran foto ANTARA Bali
Baca juga: ANTARA Bali adakan pameran foto "Rwa Bhineda 18" rayakan HUT ke-81


Inforial
Selain kerja sama tabloid digital, LKBN Antara Biro Bali juga menjalin kerja sama dalam bentuk imbal siar terkait informasi digital melalui portal (Inforial) dengan hampir seluruh jajaran pemerintahan di Provinsi Bali.

Kerja sama "Inforial" itu dengan Pemprov Bali, Pemkot Denpasar, Pemkab Buleleng, Pemkab Badung, Pemkab Karangasem, Pemkab Klungkung, Pemkab Bangli, Pemkab Gianyar, dan Pemkab Jembrana.

Sementara itu, kerja sama "Inforial" dengan non-birokrasi dilakukan dengan DPRD Bali, Undiksha Singaraja, Alfamart dan Telkomsel, namun kerja sama "inforial" yang bersifat insidentil juga ada, seperti dengan CCAI, XL, dan sejumlah sekolah/perguruan tinggi di Bali.

Sebagai "kantor berita", LKBN Antara juga menjalin kerja sama dengan delapan media cetak di Pulau Dewata. Ada pula kerja sama inovasi secara insidentil, diantaranya kerja sama "hyperlink" (media antar-web/laman) dengan Media OBOR (Maret-Desember 2018), kerja sama "counter issue" dengan Alfamart (medi penyikapan isu potong langsung/Maret 2019), dan kerja sama "SMN-BUHN" (Sinergi BUMN 2018).

Khusus kerja sama LKBN Antara sebagai "kantor berita" dengan media massa, LKBN ANTARA kini mengembangkan layanan baru berupa "AneX" (Antara eXchange) yang bersifat paket konvergensi atau layanan konvergensi (berita/artikel, foto, video, infografis) dalam satu paket secara website/laman (full service). Di Bali, paket layanan "AneX" yang tahun ini diprioritaskan untuk media cetak dan media online itu sudah dilanggani Suratkabar Warta Bali. Syaratnya, media yang berlangganan harus "tercatat" di Dewan Pers.

Baca juga: bali.antaranews.com tampilkan "Koran Digital" dan "Fokus Hoax"
Baca juga: Terima Tim ANTARA Bali, Kabag Humas Karangasem bicara "pencitraan"


Media Visit Staf PAS Konjen AS
Selain kerja sama dengan berbagai pihak, LKBN ANTARA juga sering menjadi tujuan "media visit", seperti yang dilakukan Staf "Public Affairs Section" (PAS) Konjen AS di Surabaya, Annissa Mutia, mengunjungi kantor Perum LKBN ANTARA Biro Bali, Kamis (28/3/2019), sebagai bagian dari kunjungan lima hari di Bali, mendampingi Konsul Jenderal AS Mark McGovern untuk menghadiri Pelatihan Pemuda ASEAN plus Timor Leste di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, 24-28 Maret 2019.

Dalam kunjungan yang diterima Kabiro LKBN ANTARA Bali, Edy M Yakub dan staf pemasaran Biro Bali, Analia St Marqona, dan staf administrasi itu, Annisa menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang sudah terjalin selama ini antara LKBN ANTARA dengan Konsulat Jenderal AS di Surabaya yang membawahi wilayah Surabaya dan Indonesia Timur itu.

"Terima kasih atas perhatian ANTARA yang meliput acara pembukaan dan penutupan Pelatihan 'Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI)' yang diikuti 55 pemuda se-ASEAN plus Timor Leste di Ubud, Gianyar, Bali, 24-28 Maret 2019. Acara itu dibuka Konsul Jenderal AS di Surabaya Mark McGovern dan ditutup oleh Wakil Duta Besar Amerika di Jakarta, Heather Variava," katanya.

Annisa Mutia sempat menanyakan informasi yang menjadi fokus perhatian LKBN ANTARA. "Yang jelas, kalau acara itu terkait dengan kepemudaan, tentu sangat diperhatikan ANTARA, apalagi dihadiri Wadubes AS dan Konsul Jenderal AS atau setara dengan itu. Khusus Bali, informasi yang penting itu terkait dengan budaya, pariwisata, lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat, terutama kerajinan," kata Edy M Yakub.

Dalam kesempatan itu, Edy juga menyampaikan saran agar staf Konjen AS di Surabaya yang berhubungan dengan itu memperhatikan 'angle' fotografer, karena pewarta foto umumnya tidak terlalu suka dengan foto-foto yang bersifat formal atau dokumentatif, namun perlu menemukan 'angle' yang disepakati bersama antara fotografer dengan tim  media Konsulat.

"Noted, Pak Edy. Terima kasih atas sarannya," kata Annisa yang juga memiliki pengalaman di dunia jurnalistik itu. Ia pun sepakat dengan pentingnya hubungan Indonesia-Amerika secara 'people to people' (P to P) daripada sekadar 'goverment to goverment' (G to G).

Baca juga: IMQ-ANTARA Digital Media pasang "TV-Content" di Gianyar
Baca juga: ANTARA Biro Bali kenalkan jurnalistik kepada 72 siswa SMA (video)

Selain jalinan hubungan baik dengan Konjen AS di Surabaya itu, LKBN ANTARA Biro Bali juga menguatkan kerja sama dengan dua perusahaan yakni salah satu jaringan toko ritel modern terbesar di Indonesia, Alfamart Bali-Nusra, dan perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) Indonesia Area Jawa-Bali.

Penguatan kerja sama itu dilakukan antara Kabiro LKBN ANTARA Bali dengan Agung dari Alfamart Bali-Nusra (20/3/2019) dan Corporate Communications Bali-Nusra l Telkomsel, Teni Ginaya (21/3/2019). Intinya, kerja sama dilakukan untuk imbal siar yang bersifat "agenda setting" dan "penyikapan informasi" selama tahun 2019. (*)

Baca juga: Wawancara Khusus LKBN ANTARA dengan Presiden Jokowi pasca-Pemilu (video)
https://drive.google.com/file/d/1rsDeE5wwXIH_8iElG5HyfZuW6tGSCmpf/view


 

Pewarta: ANTARA News Bali

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019