Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyoroti aspek keamanan dari sejumlah wahana atraksi alam yang belakangan kian marak di Pulau Dewata, saat memimpin rapat evaluasi pariwisata Bali tahun 2018 dan 2019.

"Yang pertama adalah atraksi alam, saya ingin menyoroti keberadaan wahana swing atau ayunan yang sedang marak. Saya ingin mempertanyakan keamanan wahana tersebut, apakah perusahaan sudah menyiapkan asuransi untuk para turis," kata Wagub Bali yang akrab dipangil Cok Ace itu, dalam rapat evaluasi tersebut, di Denpasar, Kamis.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Bali AA Gede Yuniartha Putra, perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota, perwakilan ITDC Bali, DPD ASITA Bali serta Ketua Badan Promosi Pariwisata Kabupaten/Kota.

Ia juga menyoroti beberapa objek wisata dengan panorama alam yang kurang keamanannya. "Seperti kemarin ada wisatawan Tiongkok yang sampai terseret arus di pantai, ke depan saya harap unsur keamanan lebih ditingkatkan lagi," ujarnya.

Sementara untuk atraksi budaya, Cok Ace cukup menyayangkan begitu banyak kegiatan besar di Bali yang tidak terpublikasi di majalah internasional. "Harusnya event-event itu bisa menjadi ajang promosi pariwisata, mungkin anggaran tahun ini tidak begitu besar untuk promosi pariwisata, tetapi tahun depan kita tingkatkan," kata tokoh Puri Ubud tersebut.

Dana promosi tersebut akan diperuntukkan untuk mengikuti berbagai kegiatan internasional sehingga promosi pariwisata Bali lebih maksimal.

Hal terakhir yang ia tekankan adalah tentang "aminities" . Ke depan, menurutnya Pemprov Bali akan menggunakan sistem "one island one management, jadi akan diberlakukan sistem tata kelola pariwisata yang terpadu.

"Setiap wilayah akan ditonjolkan potensi masing-masing wisatanya untuk menunjang pariwisata Bali. Untuk menunjang tersebut, maka sarana-prasarana serta infrastruktur akan kami tingkatkan," katanya.

Untuk menunjang hal tersebut, maka Cok Ace mengharapkan peran dan partisipasi aktif semua pihak terutama pemerintah kabupaten/kota terkait kebutuhan mereka di bidang pariwisata. Pemprov akan mencoba memfasilitasi baik berupa regulasi maupun pendanaan.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019