Negara (Antara Bali) -  Pemkab Jembrana, Bali menggelar diskusi politik di Gedung Kesenian Jembrana, sebagai upaya menambah wawasan politik bagi masyarakatnya, Kamis.

Sebagai narasumber, Kantor Kesbanglinmas sebagai pelaksana menghadirkan Ketua DPRD Jembrana, I Ketut Sugiasa, Ketua Forum Indonesia Kecil, DS Putra, anggota KPU Jembrana, Pande Made Adi Muliawan dan pengurus DPD KNPI Jembrana, I Nyoman Ariada.

Diskusi ini sendiri diikuti anggota ormas, parpol, tokoh masyarakat hingga murid-murid SMA.

Mereka mendapatkan berbagai materi seperti Pemahaman Norma Etik Dan Aturan Dalam Berpolitik yang disampaikan oleh Sugiasa, Membangun Kembali Peradaban Demokrasi Indonesia oleh DS Putra, Nilai Dasar Demokrasi Dan Pemilihan Umum oleh Adi Muliawan serta Pemberdayaan Politik Pemuda Dalam Transisi Demokrasi oleh Ariada.  

Dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati, I Made Kembang Hartawan, Bupati Jembrana, I Putu Artha mengatakan, kegiatan pencerdasan demokrasi semacam ini harus sering dilakukan.

"Diskusi ini juga bisa menjadi ajang komunikasi antarlapisan masyarakat untuk membangun iklim politik yang sehat," katanya.

Selain itu, menurut Artha, dalam berpolitik seharusnya semua pihak mengedepankan pemikiran, perkataan dan perbuatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sedangkan Kepala Kantor Kesbanglinmas Jembrana, I Gusti Putu Ngurah Darma Putra mengatakan, lewat diskusi ini pihaknya berharap peserta memahami ilmu politik secara utuh.

"Kalau paham ilmu politik secara utuh saat hajatan politik akan bisa meminimalisir terjadinya gesekan yang berakibat negatif," katanya.(**)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011