Kuta (Antaranews Bali) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut Tahun Baru 2019 dengan cara berbeda yakni berdoa bersama di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Dikala banyak orang bersenang-senang, kita hadir di sini untuk memanjatkan doa, melihat apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan kami lakukan ke depan," kata Menhub Budi Karya Sumadi di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Selasa, Pukul 00.00 Wita.

Menurut dia, memaknai pergantian tahun dengan berdoa diharapkan menjadi bagian refleksi diri atas beberapa bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. 

Bencana alam itu di antaranya gempa bumi di Lombok dan Sulawesi Tengah serta bencana tsunami di Selat Sunda yang dipicu longsor bawah laut sebagai dampak erupsi Gunung Anak Krakatau.

"Kita harus secara mendalam berdoa, mendoakan agar negara ini dibebaskan dari bencana. Lombok, Donggala, dan Banten membuat banyak hal yang kita harus introspeksi pada diri. Kami harapkan ketiga tempat itu segera pulih," ucapnya. 

Dalam doa bersama, Menhub yang saat itu mengenakan safari berwarna cokelat muda dilengkapi "udeng" atau ikat kepala dan kain tenun khas Bali, khusuk memanjatkan doa yang berlangsung mulai Senin pukul 23.35 Wita.

Dengan lampu penerangan yang dipadamkan, doa yang disampaikan dalam dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan Inggris itu kemudian diiringi dengan penyalaan lilin yang bertempat di Terminal Keberangkatan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai. 

Sejumlah pejabat Kementerian Perhubungan turut hadir seperti Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana Banguningsih Pramesti, kemudian turut hadir juga Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi dan Kepala Otoritas Bandara Wilayah Bali Nusa Tenggara Herson.

Selain itu General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi dan jajaran terkait lainnya yang seluruhnya mengenakan pakaian adat Bali. 

Adanya doa bersama dengan penyalaan  lilin di tengah suasana gelap itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penumpang yang akan meninggalkan Bali menunju ke negara masing-masing. 

Baca juga: Kapolda Bali pantau malam tahun baru dengan helikopter
Baca juga: Jelang pergantian tahun, ribuan wisatawan padati Kuta
Baca juga: Seorang anak tewas akibat ombak besar Pantai Jembrana
Baca juga: Tahun Baru, Krisdayanti meriahkan konser amal di Bali

Beberapa di antara mereka bahkan ikut berdoa sejenak memaknai tahun baru 2019 dan mengabadikan momen langka itu. 

"Saya baru pertama kali melihat peringatan tahun baru seperti ini, sangat menyentuh," kata seorang calon penumpang berkewarganegaraan Kanada tujuan Doha, Tobi Huggins (ed)

Video oleh Dewa Wiguna

Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018