Denpasar, (Antaranews Bali) - Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto dalam perayaan Hari Juang Kartika 2018 mendorong seluruh prajurit bersatu dengan rakyat, guna menjaga keutuhan NKRI.

"Peringatan Hari Juang Kartika ini, TNI Angkatan Darat harus mengabdi dan membangun bersama rakyat, guna merepresentasikan komitmen prajurit dalam mengemban amanat perjuangan rakyat untuk membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia," ujar Benny dalam acara apel Hari Juang Kartika ke-73, di Lapangan Praja Raksaka Kepaon, Denpasar, Sabtu.

Ia mengatakan, prajurit juga harus memiliki semangat patriotisme, nasionalisme, keberanian, keiklasan serta rela berkorban untuk kepentingan negara.

Jenderal bintang dua ini mencontohkan, pada zaman dahulu para pejuang kemerdekaan Indonesia sangat giguh dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, namun karena TNI juga berjuang bersama rakyat maka bisa mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
 
"Sebagai generasi penerus wajib menjadikan semangat kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai pendorong pengabdian dalam menghadapi masa depan yang semakin komplek dan dinamis," katanya.

Untuk itu, dihari momen ini Benny mengajak seluruh prajurit agar melakukan introspeksi dan koreksi diri untuk kemajuan bangsa. "Tatap lurus ke depan untuk memantapkan langkah bersama dalam mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, modern dan profesional," ujarnya yang membacakan amanat Kasad Jenderal TNI, Andika Perkasa.

Pangdam menambahkan, dalam memperingati Hari Juang Kartika kali ini, ada beberapa rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan di wilayah Kodam IX/Udayana, diantaranya rehabilitasi rumah tidak laik huni di Bali sebanyak 19 unit rumah para veteran PKRI, kemudian di NTB ada 20 unit rumah untuk para korban bencana alam gempa bumi dan di NTT ada tiga unit rumah untuk veteran PKRI.

Selain itu juga melakukan kegiatan bhakti sosial kesehatan, donor darah, penghijauan atau penanaman pohon, karya bhakti pembersihan lingkungan tempat ibadah dan ziarah rombongan baik di Wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Dalam giat apel yang diikuti ratusan prajurit, Pegawai Negeri Sipil se-Garnizun Denpasar itu, Benny menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada segenap jajaran atas pengabdiannya selama ini.

Selesai upacara dilanjutkan dengan acara syukuran di GOR Praja Raksaka ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur oleh Pangdam IX/Udayana yang kemudian diserahkan kepada prajurit yang berprestasi.
 
Hadir pada upacara peringatan tersebut dihadiri Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kadam, Kapok Sahli, Para Sahli, LO-AL, LO-AU, para Komandan/Kabalak Kodam IX/Udayana dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana beserta pengurus. (ed)

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018