Denpasar (Antaranews Bali) - Komisi III DPRD Provinsi Bali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi pembuangan sampah yakni tempat pembuangan akhir (TPA) Suwung, Kota Denpasar, karena antrean kendaraan ke lokasi cukup panjang.

"Kami menindaklanjuti keluhan masyarakat dan sopir pengangkut sampah yang masuk ke TPA Suwung, karena itu kami melakukan sidak guna mengetahui lebih jelas penyebab antrean pengangkutan sampah tersebut," kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Bali Ketut Kariyasa Adnyana di sela sidak tersebut di Denpasar, Senin.

Setelah anggota Komisi III turun ke lapangan, ternyata antrean kendaraan yang mengangkut sampah tersebut disebabkan di TPA Suwung tumpukan sampah meluber. Selain itu, kondisi alat berat yang memindahkan sampah itu rusak.

"Memang saat ini antrean kendaraan pengangkut sampah ke TPA Suwung cukup banyak, karena alat berat yang memindahkan sampah itu, saat ini rusak. Karena itu kami meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan dinas terkait segera berkoordinasi," ujar politikus asal Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Kariyasa Adnyana lebih lanjut mengatakan kondisi di TPA Suwung harus mendapatkan perhatian, sehingga permasalahan sampah segera bisa diatasi.

"Kami juga meminta kepada Dinas PU Provinsi Bali agar berkoordinasi dengan PU Kabupaten Gianyar, Tabanan dan Badung untuk sementara waktu agar tidak membawa sampah ke TPA Suwung," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja PSPLP, Ida Bagus Lanang mengatakan pihaknya akan berusaha mengatasi permasalahan sampah ini dengan segera.

"Kami segera akan mengatasi permasalahan sampah saat ini. Mudah-mudahan dalam waktu tiga hari ke depan sudah bisa diatasi. Karena penyebab utama adalah rusaknya alat berat yang memindahkan sampah itu," katanya. (ed)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018