Singaraja (Antaranews Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, menyiapkan penghargaan (reward) bagi mahasiswa berpretasi yang menjadi juara dalam Program Kreatifitas mahasiswa (PKM), Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), dan program prestasi lainnya.

"Bentuk penghargaan yang diberikan antara lain beasiswa, atau pemberian fasilitas untuk penunjang pendidikan," kata Wakil Rektor III, Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes., di Singaraja, Buleleng, Jumat.

Ia mengatakan hal itu merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan prestasi. "Undiksha dan kami akan terus memberikan dukungan. Prestasi ini sangat penting untuk mengangkat nama universitas ke kancah lebih luas," katanya.

Selama ini, kata Ngurah Pujawan, prestasi yang dipersembahkan mahasiswa sudah cukup banyak. Tak hanya bidang akademik, namun juga non-akademik, seperti keolahragaan. Prestasi tersebut diharapkan akan bisa terus meningkat.

"Prestasi ini memang harus terus ditingkatkan. Yang prestasi nasional bisa meningkat jadi prestasi di kancah dunia internasional," katanya.

Khusus untuk PKM dan PMW yang didanai pemerintah pusat, mahasiswa yang ikut berkompetisi cukup banyak setiap tahun, salah satunya dari mahasiswa mendapatkan beasiswa bidikmisi, namun belum seluruhnya mampu lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

"Dari sisi kualitas tentu terus dievaluasi. Kami ingin prestasi kedepan, khususnya PKM dan PMW semakin baik," katanya.

Sebelumnya (1/11), tiga mahasiswa Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Undiksha Singaraja, Bali, meraih enam medali dalam Kejuaraan Renang Antarmahasiswa se-Indonesia (KAMSI) di Makassar pada 25-27 Oktober 2018.

"Atlet mahasiswa yang meraih medali adalah Dewa Gede Anom Artha Tenaya (jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga). Ia menyabet tiga medali emas untuk renang 100 meter gaya kupu-kupu, 200 meter gaya ganti, dan 100 meter gaya bebas. Ia juga dinobatkan sebagai perenang terbaik putra," kata Wakil Dekan III FOK, Kadek Happy Kardiawan, S.Pd.,M.Pd.

Atlet kedua, yakni I Gede Junawan Haris Sanjaya (jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rerekreasi) meraih medali perak untuk 200 meter gaya dada. Ketiga, Ida Bagus Gede Jaya Mahotama dari jurusan sama meraih medali emas untuk 50 meter gaya kupu-kupu serta perak 50 meter gaya bebas. (ed)

Pewarta: Made Adnyana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018