Karangasem, Bali (Antaranews Bali) - Komunitas mobil dari International Offroad Federation Bali (IOF) ikut membantu pengerjaan jalan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilakukan Kodim 1623/Karangasem di kabupaten setempat, Minggu.

"Betul, rekan-rekan kita dari komunitas offroaders datang menjajal jalur ini dan turut membantu TNI di lapangan dalam mengangkut material ke jarak 350 meter dan 650 meter dari pembangunan jalan ini," kata Dandim 1623/Karangasem Letkol, Inf.Benny Rahadian.

Pihak Satgas TMMD menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada rekan-rekan offroaders l mendengar dan mengetahui kegiatan TMMD ini yang kegiatan pokoknya adalah pembangunan jalan sepanjang 3.000 meter dengan lebar tujuh meter.

"Sebagaimana kita ketahui medan jalan yang kita rintis dan bangun tidaklah mudah, karena membelah ketinggian gunung dengan kuntur tanah yang berbatuan menjadi tantangan tersendiri yang harus kita atasi," katanya.

Pihaknya tetap optimistis jalan tersebut selesai tepat waktu menjelang TMMD Ke 103 ini ditutup pada 11 November 2018.

Sementara itu, Iwan Momo dari Tim Laksamana Offroader menyampaikan rasa puasnya mengikuti kegiatan ini. "Kami semua merasa puas hari ini dapat menjajal jalan baru yang dibangun dari program TMMD," katanya.

Pihaknya mengapreasi kegiatan TMMD kerjasama antara Pemkab Karangasem dan Kodim 1623/Karangasem dalam menyiapkan infrastruktur jalan sebagai solusi terhadap kebutuhan masyarakat Guminten.

Untuk mewujudkan rasa penasaran tersebut IOF yang diketuai oleh Indra Prayudha menyertakan dan mengajak beberapa komunitas offroad yang ada di Bali antara lain TIm Bali Offroad Community, Tim Laksamana Offroad, Tim Yukura, Tim Offroad Petualang, Tim Double Cabin dan Tim Atap Langit untuk menjajal medan jalan sepanjang 3000 meter yang dibangun melalui program TMMD tersebut.

"Sekitar dua minggu lalu kegiatan ini juga sudah dilakukan oleh komunitas offroad, kami merasa penasaran dan hari ini (04/11)  trial atau mencoba medannya," ujar Indra Prayudha.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Dandim yang sudah memberikan kesempatan terlibat dalam kegiatan TMMD itu. "Kami semua bisa ngayah (karya bakti) di Dusun Guminten, Sidemen, Karangasem," katanya.

Ia mengakui, kegiatan para offroaders  tidak saja mencoba medan jalan tersebut, namun secara spontan ikut membantu pengangkutan material seperti air, pasir dan juga semen. (ed)

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018