Semarapura (Antaranews Bali) - Pemerintah Kabupaten Klungkung menyelenggarakan Lomba Karnaval tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar (SD) se-Kecamatan Klungkung Daratan, dalam memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia di depan Monumen Puputan Klungkung pada Selasa (14/8) Sore kemarin.  
   
Panitia Lomba Karnaval tingkat SD dan taman kanak-kanak Klungkung Ketut Suastana menyatakan dalam lomba Karnaval tingkat SD dan taman kanak-kanak ini memiliki beberapa kriteria penilaian yakni Kedisiplinan, keharmonisasi gerakan, dan ketertiban.
   
Dengan rentang waktu 13 -15 menit untuk menampilkan pertunjukkan karnaval yang dimulai dengan urutan dari siswa sekolah dasar dilanjutkan dengan siswa taman kanak-kanak.
   
Peserta karnaval merupakan perwakilan dari sekolah dasar dan taman kanak-kanak yang ada di masing-masing kecamatan di Klungkung Daratan.
   
Jumlah peserta yang mengikuti lomba karnaval ini antara lain, tingkat sekolah dasar berjumlah tiga sekolah, taman kanak-kanak berjumlah tiga sekolah.
   
Salah satu koordinator karnaval SD se-Kecamatan Banjarangkan Ny. Desak Ketut Raka menyatakan memilih tema kearifan lokal dengan menggunakan bahan daur ulang yang dipadukan dalam pertunjukan dolanan dan permainan anak-anak.
   
Kegiatan tersebut bertujuan mempertunjukkan dolanan antara lain guna kembali memperkenalkan berbagai jenis permainan tradisional kepada anak-anak. "Perwakilan SD se-Kecamatan Banjarangkan berlatih sebanyak 10 kali", ujarnya.
   
Hal ini dimaksudkan agar apa yang ditampilkan dapat bermanfaat dan menghibur penonton Lomba Karnaval Tingkat SD dan TK se-Kecamatan Klungkung Daratan.
   
Dalam lomba Karnaval ini selain menampilkan dolanan, beberapa peserta ada yang  menampilkan drama tari yang judulnya berasal dari cerita-cerita rakyat seperti bawang merah bawang putih, Pasupati Sastra, dan judul lainnya, dan diisi dengan menampilkan berbagai cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asean Games 2018, serta penampilan Marching band.
   
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta turut menyaksikan Kegiatan Lomba tersebut. Hadir pula dalam Kegiatan Lomba tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, serta undangan terkait lainnya. (WDY)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018