Bangli (Antaranews Bali) - Sebanyak 350 peserta dari perwakilan pelajar sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bangli, Bali, Selasa mengikuti pawai dan karnaval sepeda hias yang diselenggarakan Pemkab Bangli untuk memeriahkan peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia.

"Pawai sepeda hias bernuansa merah putih ini merupakan salah satu dari berbagai kegiatan yang rutin kami gelar setiap perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta saat melepas peserta pawai sepeda hias di kawasan Kantor Bupati Bangli.

Ia mengatakan, pawai sepeda hias bernuansa merah putih itu merupakan salah satu wahana untuk menumbuhkan rasa nasionalisme generasi muda sejak dini sehingga nantinya generasi muda dapat tumbuh menjadi generasi yang kuat dan berjiwa nasionalisme.

Selain itu, menurutnya, pawai sepeda hias ini juga merupakan suatu wahana untuk memberi ruang bagi anak-anak dalam berkreasi sesuai seni dan dan mengembangkan imajinasinya.

"Kami lihat ada yang menghias sepeda menyerupai lambang Burung Garuda, kendaraan tempur tank, gambar pahlawan sampai menghias dengan gambar Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Itu membuktikan kalau kratifitas anak-anak muda Bangli sangat tinggi," katanya.

Ketua panitia Putu Maha Edi menjelaskan 350 orang peserta yang merupakan perwakilan dari SD yang ada di wilayah Kecamatan Bangli tersebut, antusias mengikuti kegiatan pawai sepeda hias itu dengan menghias sepeda mereka dengan berbagai kreasi seni.

"Kegiatan ini kami harap dapat mengobarkan semangat perjuangan para pahlawan kepada generasi muda. Sehingga mereka memiliki semangat untuk menjadi pahlawan dimasa kekinian, pahlawan yang memiliki semangat perjuangan dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan.

Dalam kegiatan itu, Wabup Nyoman Sedana Arta didampingi oleh Dandim 1626 Bangli Letkol Andy Pranoto, Wakapolres Bangli Kompol Ketut Gelgel, perwakilan Kajari Bangli dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangli. (WDY)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018