Badung (Antaranews Bali) - Sejumlah kegiatan pesta rakyat yang akan digelar di sejumlah wilayah di Kabupaten Badung, Bali, siap memeriahkan rangkaian peringatan HUT ke-9 Mangupura yang merupakan ibu kota Kabupaten Badung.

"Saya sangat mengapresiasi berbagai kegiatan pesta rakyat, penampilan seni budaya serta perlombaan lari yang akan digelar untuk memeriahkan HUT ke-9 Mangupura pada tahun ini," ujar Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa saat memimpin rapat persiapan peringatan HUT Mangupura di Puspem Badung, Kamis.

Untuk perlombaan lari, pihaknya akan bekerja sama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dalam menggelar "Mandiri Badung International Night Run 2018".

"Selain kegiatan lomba lari, kami juga menggelar kegiatan jalan santai yang akan dilaksanakan di Desa Kuwum yang juga akan dijadikan desa wisata di Kabupaten Badung," katanya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Badung selaku Ketua Panitia kegiatan, IB. Yoga Segara menjelaskan, peringatan HUT ke-9 Mangupura tahun ini mengambil tema “Nawa Wikrama Prasthanika Traya Wijaya Samasta Mangupraja” yang akan menggelar sejumlah kegiatan di berbagai wilayah.

"Pertama, pada 31 Agustus mendatang, kami akan menggelar kegiatan jalan santai bersama masyarakat yang bertempat di Desa Kuwum yang akan dilanjutkan dengan kegiatan Pesta Rakyat pada 1 September mendatang di Lapangan Mangupraja Mandala," ujarnya.

Sejumlah pesta rakyat dengan berbagai tema juga akan digelar di berbagai wilayah seperti, Kecamatan Kuta Selatan, Kecamatan Petang, Kecamatan Abiansemal, Kecamatan Kuta Utara serta di sejumlah kawasan lain.

"Pada tanggal 29-30 September nanti, kami juga akan menggelar pesta rakyat di kawasan yang wisata Pantai Doublesix Seminyak yang juga rama dikunjungi wistawan dari berbagai negara dengan mengambil tema 'Tri Jaya Nawa Warsa Samasta Bhuana'," katanya.

Rangkaian kegiatan pesta rakyat menyambut HUT ke-9 Kabupaten Badung juga akan terus berlanjut dengan sejumlah kegiatan lain seperti Festival Budaya Kabupaten Badung yang bertempat di Jaba Pura Lingga Buana yang juga akan dilanjutkan dengan kegiatan penampilan kesenian dan budaya yang juga akan dimeriahkan sejumlah artis seperti Judika, Dewi Perssik, kelompok musik Lolot dan kelompok lawasak Clekontong Mas. (ed)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018