Negara (Antaranews Bali) - Saat memasuki Kelurahan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, sebagai pintu gerbang Pulau Bali, obor Asian Games disambut ratusan pelajar, Senin pagi.

"Tidak hanya di lokasi serah terima obor, sambutan dari pelajar juga kami arahkan di sepanjang jalan raya Denpasar-Gilimanuk yang menjadi rute perjalanan obor Asian Games," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga Jembrana I Putu Eka Swarnama.

Ia mengatakan, khusus di Teluk Gilimanuk yang menjadi lokasi penyerahan api Asian Games dari Provinsi Jawa Timur ke Bali, selain pelajar yang berderet di pinggir jalan, pihaknya juga menyiapkan kesenian khas Kabupaten Jembrana.

Pewarta Antara di lokasi melaporkan api Asian Games dibawa Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas, yang begitu keluar Pelabuhan Gilimanuk langsung disambut kesenian bale ganjur yang dimainkan pelajar.

Setelah serah terima dengan Bupati Jembrana I Putu Artha di objek wisata Teluk Gilimanuk, sambil beristirahat sejenak, rombongan pembawa obor disuguhi musik jegog yang merupakan seni musik khas Jembrana, serta tarian makepung yang menjadi identitas kabupaten tersebut.

"Setelah mendapat campuran api biru dari kawan Ijen di Banyuwangi, kami serahkan api Asian Games ini kepada Kabupaten Jembrana untuk dilanjutkan," kata Azwar Anas, saat menyerahkan api tersebut kepada I Putu Artha.

Oleh Putu Artha, setelah api dipindahkan ke obor, ia serahkan kepada pelajar putri yang berlari dengan pengawalan segenap unsur mulai dari TNI, Polri, pelajar dan lain-lain.

Untuk mencapai gelung kori atau penanda masuk dan keluar Kelurahan Gilimanuk, pelari pembawa obor terlebih dahulu diganti dengan sambutan masyarakat dan pelajar di sepanjang rute.

Sampai di gelung kori, obor dibawa melintas di jalan raya Denpasar-Gilimanuk menuju Kabupaten Tabanan, dengan sepanjang jalan disambut pelajar SD sampai SMA.

Khusus di Kelurahan Gilimanuk, pihaknya minta seluruh sekolah yang ada membawa muridnya menyambut obor Asian Games, sementara di sepanjang rute hingga Desa Pangyangan, Kecamatan Pekutatan yang menjadi desa perbatasan dengan Kabupaten Tabanan, cukup sekolah-sekolah yang berada di pinggir jalan raya. (ed)

Baca juga: 269 polisi kawaI obor Asian Games di Bali
Baca juga: Legislator dukung Obor Asian Games 2018 singgahi Bali
Baca juga: Airnav beri prioritas pesawat pembawa obor Asian Games
 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018