Negara (Antaranews Bali) - Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali memanfaatkan pawai obor Asian Games yang melewati wilayahnya untuk mempromosikan pariwisata setempat.

"Ini merupakan kesempatan yang langka bagi kami untuk melakukan promosi pariwisata. Sebagai daerah yang dilalui, bahkan menyambut pawai obor Asian Games merupakan momentum yang bagus untuk mengenalkan pariwisata Jembrana," kata Bupati Jembrana I Putu Artha, usai apel gabungan pengamanan Asian Games di areal parkir objek wisata Teluk Gilimanuk, Sabtu.

Ia mengatakan, kontingen pembawa obor dari Pulau Jawa akan disambut dengan kesenian-kesenian khas Jembrana seperti tari makepung, dengan lokasi yang sengaja ditaruh di objek wisata Teluk Gilimanuk.

Meskipun masih belum mendapatkan kepastian dari otoritas Pelabuhan Gilimanuk untuk bisa menyambut pembawa obor dengan kesenian begitu turun dari kapal, ia mengatakan, persiapan untuk hal tersebut tetap dilakukan.

"Kami berharap begitu turun dari kapal, kontingen pembawa obor sudah disambut dengan kesenian Kabupaten Jembrana sebelum menuju Teluk Gilimanuk. Kami akan upayakan terus berkoordinasi dengan otoritas pengelola pelabuhan," katanya.

Dipilihnya Teluk Gilimanuk sebagai lokasi utama penyambutan obor Asian Games, katanya, karena teluk tersebut merupakan sentra pariwisata Gilimanuk yang merupakan pintu gerbang Jembrana serta Bali.

Menurutnya, selain nyaman, penataan yang terus dilakukan Pemkab Jembrana di teluk ini juga membuat banyak objek wisata yang bisa dinikmati tamu saat menyambut kedatangan obor Asian Games.

"Selain teluk ada juga Patung Dewa Siwa berikut tamannya. Untuk budaya, yang hadir bisa mengetahui dari kesenian-kesenian penyambutan yang akan kami tampilkan," katanya.

Karena menganggap pawai obor ini momentum yang tepat dan langka untuk promosi pariwisata, ia memerintahkan instansi terkait untuk benar-benar menyiapkan apa-apa yang bisa ditampilkan dan perlu diketahui, terkait budaya dan pariwisata di Kabupaten Jembrana.

Ia juga berjanji, di sepanjang jalan raya Denpasar-Gilimanuk yang merupakan rute pelari pembawa obor, akan disambut oleh masyarakat maupun murid sekolah.

"Pawai obor Asian Games yang melewati daerah kami banyak membawa manfaat. Dalam momen-momen seperti inilah, Kabupaten Jembrana bisa mempromosikan pariwisata," katanya. (ed)

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018