Negara, Bali (Antaranews Bali) - Satu hari menjelang penutupan, baru satu partai politik yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatif di Kabupaten Jembrana, Bali.

"Baru Partai Perindo yang sudah mendaftarkan bakal calegnya, praktis yang lainnya besok karena merupakan hari terakhir pendaftaran," kata Ketua KPU Jembrana Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya, di Negara, Senin.

Ia mengatakan, sejumlah partai politik yang datang hari ini hanya untuk melakukan konsultasi, terkait kelengkapan berkas mereka.

Menurutnya, pada hari Selasa (17/7), pihaknya melayani pendaftaran bakal calon legislatif dari partai politik hingga pukul 00.00 WITA.

"Berarti masih ada 14 partai politik yang belum mendaftarkan bakal calegnya, kami tunggu sampai besok pukul 00.00 WITA," katanya pula.

Di KPU Jembrana, pengurus Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang datang sore hari menjelang pukul 16.00 WITA sempat dikira akan mendaftarkan bakal calegnya, karena diiringi musik dangdut yang meriah serta mengisi buku registrasi pendaftaran.

Namun, sekitar pukul 17.15 WITA diperoleh kepastian pengurus partai politik ini hanya datang untuk berkonsultasi, terkait kekurangan berkas bakal calon legislatifnya.

"Parta NasDem datang untuk konsultasi, ada beberapa berkas yang kurang. Besok mereka akan datang lagi," kata Darmasanjaya.

Ketua DPD Partai NasDem Jembrana Made Dwimasti saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya datang untuk berkonsultasi, sementara iringan musik dangdut yang menggelegar merupakan inisiatif dari kader dan simpatisan partai.

Ia mengatakan, sesuai dengan instruksi induk partai, bakal calon legislatif dari NasDem harus didaftarkan serentak, namun karena di Jembrana masih ada kekurangan berkas, pendaftaran ditunda hingga Selasa besok.

"Memang niat awal kami datang ke sini untuk konsultasi, meskipun tadi sempat mengisi buku registrasi pendaftaran. Setiap ke sini saya juga mengisi buku registrasi meskipun untuk konsultasi," katanya lagi.

Selain Partai NasDem, di KPU Jembrana juga terlihat pengurus DPC Partai Gerindra yang mengatakan mereka datang untuk konsultasi.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Jembrana Gede Puriawan mengatakan, pendaftaran bakal calon legislatif dari partai tersebut baru akan dilakukan hari Selasa pagi atau siang hari.

"Makanya hanya beberapa pengurus DPC yang datang ke KPU karena kami masih melakukan konsultasi. Besok baru kami daftarkan bakal caleg dari Gerindra," katanya pula.

Sedangkan partai lainnya seperti PDI Perjuangan dan PBB saat dikonfirmasi juga mengatakan akan mendaftarkan bakal calegnya pada hari terakhir pendaftaran atau Selasa (17/7).

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018