Denpasar (Antaranews Bali) - Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, belajar pemberdayaan masyarakat ke Kota Denpasar, terutama dalam pembinaan kerajinan rumah tangga.

"Kami tertarik untuk belajar pada Tim PKK Kota Denpasar, karena berhasil melakukan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat (LBS), meningkatkan ekonomi rumah tangga dengan pemasaran kerajinan rumah tangga," kata Ketua Tim Penggerak PKK Distrik Manimeri, Mey Rosalinda, di Denpasar, Selasa.

Saat bertatap muka dengan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Denpasar Antari Jaya Negara di Denpasar, ia mengatakan keberhasilan PKK Kota Denpasar memberdayakan ibu-ibu PKK terbukti prestasi "Pakarti Utama I" Tingkat Nasional yang diraih Kelurahan Penatih, terutama dalam bidang kerajinan rumah tangga.

"Kami ingin belajar lebih mendalam untuk untuk mengetahui kegiatan-kegiatan kelompok kerja (pokja) di Kota Denpasar yang selama ini sudah terus berhasil menjadi juara nasional, termasuk kiat-kiat dalam bidang pembinaan kerajinan rumah tangga tersebut," ucapnya.

Rosalinda menambahkan kunjungan kali ini diharapkan dapat lebih meningkatkan silahturahmi antara PKK Distrik Manimere dengan PKK Kota Denpasar, apalagi PKK merupakan organisasi kemasyarakatan yang membina kaum perempuan untuk lebih berkembang, tentu saling belajar adalah penting.

"Kami harapkan selain mendapatkan pengetahuan tentang keberhasilan PKK Kota Denpasar juga untuk meningkatkan silahturahmi dengan PKK Kota Denpasar," ujarnya.

Ia berharap dapat mengadopsi pelaksanaan kegiatan PKK Kota Denpasar, terutama pemberdayaan masyarakatnya sehingga diharapkan dapat mengikuti jejak Kota Denpasar meraih juara nasional.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar Antari Jaya Negara mengatakan keberhasilan seluruh pelaksanaan program PKK di Kota Denpasar tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama para kader dari tingkat banjar

Selain itu, kata dia, dalam melaksanakan program PKK telah melaksanakan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. "Inovasi-inovasi dalam melaksanakan program PKK telah mengantarkan PKK Kota Denpasar meraih prestasi tingkat nasional," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, mengatakan pelaksanaan program PKK Kota Denpasar berjalan dengan sangat baik.

"Dalam pelaksanaannya selalu bersinergi dengan program Pemerintah Kota Denpasar melalui masing-masing organisasi perangkat daerah," ujarnya. (WDY)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018