Denpasar (Antaranews Bali) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar, Bali mencatat daftar pemilih tetap (DPT) disana sebanyak 363.084 orang yang terdiri atas 180.808 laki-laki dan 182.276 perempuan dengan tempat pemungutan suara (TPS) tersebar pada 772 lokasi dan 70 panitia pemungutan suara tersebar di tujuh kecamatan.

"Dua kali pelaksanaan Pilkada periode sebelumnya tingkat partisipasi masyarakat menurun yakni pada Pilkada Gubernur tahun 2008 sebesar 82,91 persen turun menjadi 80,64 persen pada pilkada tahun 2013," kata Ketua KPU Gianyar A.A Gde Putra, pada rapat persiapan Pilkada yang dibuka Pj Bupati Gianyar I ketut Rochineng, Kamis.

Gde Putra mengatakan, demikian pula pada pilkada Bupati Gianyar tahun 2008 tingkat partisipasi pemilih 86,02 persen juga turun menjadi 81,47 persen pada pilkada tahun 2012.

Semua jadwal tahapan pilkada 2018 selama ini telah dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Bahkan kini sedang berlangsung sosialisasi, bimtek dan kampanye yang akan berakhir pada tanggal 23 Juni , ujar A.A Gde Putra.

Gde Putra menjelaskan, masa tenang akan berlangsung 24-26 Juni, tidak ada lagi aktivitas terkait perhelatan kampanye pilkada. Untuk pemungutan suara dilasanakan pada tanggal 27 Juni dan rekap hasil tingkat kecamatan tanggal 28 Juni -4 Juli 2018.

Sedangkan rekapitulasi hasil di tingkat kabupaten pada tanggal 4-6 Juli dan penetapan pasangan calon (Paslon) terpilih 18-20 Juli 2018.

Terkait persiapan logistik pilkada seperti kotak suara, surat suara , tinta dan lain-lainnya, pihaknya mengaku telah melakukan persiapan dengan matang. Saat ini logistik pemilu disimpan di Gedung lantai bawah Balai Budaya Gianyar, dan jelan H-1 nanti logistik akan dikirim ke desa-desa dan pada hari H 27 Juni nanti akan didistribusikan ke masing-masing KPPS.

"Intinya semua logistik sudah kami masukkan ke dalam kotak, mudah-mudahan pada hari H nanti semua logistik tersalurkan dengan aman dan tidak ada kendala apapun," ujar A.A Gde Putra.

Sementara itu Pj Bupati Gianyar I Ketut Rochineng mengharapkan agar pilkada serentak dapat terlaksana dengan aman dan kondusif.

Untuk itu agar seluruh penyelenggara pemilu dapat menaati peraturan yang berlaku. Ia menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pihak keamanan dan seluruh masyarakat Gianyar karena telah berhasil melewati tahapan pilkada dengan baik. (WDY)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018