Denpasar (Antaranews Bali) - Kepolisian Resor Kota Denpasar, Provinsi Bali, menyatakan ipar (saudara suami) artis Dina Lorenza bernama Hamad Saleh Hilabi yang ditangkap beberapa waktu lalu di Seminyak, Kuta, sebagai penyimpan dan pengguna narkotika jenis ganja.

"Tersangka statusnya kami kenakan sebagai penyimpan dan pengguna narkoba berdasarkan hasil pemeriksaan labfor bahwa positif ditemukan satu linting narkoba jenis ganja seberat 20,99 gram netto," kata Kapolresta Denpasar Kombes (Pol) Hadi Purnomo, di Denpasar, Rabu.

Selain menggunakan ganja, saat dilakukan penggerebekan oleh anggota kepolisian ditempat tinggalnya di Seminyak, Kuta, pada 12 Juni 2018, juga ditemukan 38 butir tablet dumolid yang merupakan narkoba jenis psikotropika. "Penggunaan obat ini harus dengan resep dokter," katanya.

Untuk dugaan adanya serbuk putih yang diduga kokain itu saat diuji ternyata negatif narkoba, karena saat diperiksa di Labfor ternyata gula. Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 112 Ayat 2 dan Pasal 127 Ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Pihaknya masih menyelidiki apakah lokasi villa yang digrebek polisi itu menjadi tempat khusus untuk artis-artis menggunakan barang haram itu. "Kalau emang ada akan kami dalami," ujarnya.

Selain menyimpan narkoba di lokasi penggerebekan, polisi juga mendapati dua jenis senjata api dan empat magazine yang tersimpan di dalam rumah Saleh. Terkait keberadaan senjata api ini, kata Hadi Purnomo, tersangka diketahui sudah memiliki izin kepemilikan senjata.

"Namun kesalahannya tersangka bahwa, senjata itu harusnya dititipkan kepada Perbakin setelah digunakan untuk latihan. Sehingga kami hanya kenakan pelanggaran aturan administrasi terkait penyimpanan senjata api dan tidak kenakan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1951," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolsek Kuta, Kompol I Nyoman Wirajaya membenarkan adanya penangkapan Hamad Saleh Hilabi di Seminyak, Bali, pada 12 Juni 2018, berkat informasi dari masyarakat terkait beredarnya beberapa jenis narkotika di daerah setempat.

Dari penangkapan Hamad Saleh Hilabi, polisi mengamankan beberapa barang bukti berupa narkotika dan senjata api lengkap dengan pelurunya. Polisi juga menemukan beberapa lintingan ganja berupa serbuk dan masih melakukan pendalaman untuk membuktikan hasil forensik serta kebenaran barang tersebut. (WDY)

Pewarta: I Made Surya

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018