Mangupura (Antaranews Bali) - Sebanyak 2.664 orang pemudik dari Pulau Jawa tiba di Terminal Mengwi Kabupaten Badung, Bali, pada H+3 atau Selasa (19/6) yang tercatat oleh petugas di terminal setempat.

"Kedatangan pemudik tercatat sebanyak 2.664 orang yang tiba di terminal ini kami catat satu hari penuh pada Selasa (19/6)," kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Mengwi, Cokorda Agung Swarmaya di Mangupura, Rabu.

Ribuan pemudik yang tiba di terminal ini rata-rata tercatat berasal dari Surabaya, Jember, Malang, Yogyakarta, Solo, Semarang dan Bandung dengan jumlag armada bus yang tiba sebanyak 89 unit bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Menurut dia, kembalinya para pemudik ke Bali setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri dikampung halamannya karena akan melakukan aktifitas bekerja kembali beberapa hari ke depan, sehingga ada beberapa pemudik yang kembali lebih awal.

"Kedatangan pemudik ini paling banyak pada dini hari di Terminal Mengwi dan kami langsung melakukan pemeriksaan identitas kartu tanda penduduknya," katanya.

Berdasarkan data dari Pos Pelayanan Operasi Ketupat Agung di Terminal Mengwi pada H+1 Lebaran atau Minggu (17/6), tercatat pemudik yang tiba diterminal setempat sebanyak 1.209 orang, dengan jumlah armada bus AKAP sebanyak 60 unit.

Kemudian, untuk kedatangan pemudik pada H+2 atau Senin (18/6), juga tercatat jumlah pemudik yang tiba di Terminal Mengwi menunjukkan angka peningkatan dengan jumlah 2.116 orang pemudik, dengan jumlah armada bus AKAP sebanyak 109 unit.

Pada H+3 tersebut, juga ada 83 orang pemudik dengan jumlah tiga unit bus hanya transit di Terminal Mengwi saja dan kembali melanjutkan perjalanan mengantar pemudik ke Kota Mataram, Lombok, NTB.

Untuk prediksi kedatangan pemudik di Terminal Mengwi, pihaknya mengaku sulit memprediksi karena untuk libur hari raya saat ini cukup panjang sehingga, untuk waktu dan hari kedatangganya rata-rata merata setiap harinya.

"Dengan adanya libur panjang saat ini, sangat sulit memprediksi kedatangan pemudik yang ke Terminal Mengwi sehingga kami tidak bisa menduga-duga," katanya. (WDY)

Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018