Denpasar (Antaranews Bali) - Sanggar Seni Citta Kelangen Banjar Tengah Sidakarya, Kota Denpasar siap tampil pada ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 tahun 2018 di Taman Budaya Provinsi Bali.

Koordinator Sanggar Seni Citta Kelangen Banjar Tengah Sidakarya, Wayan Rena di Denpasar, Bali, Rabu, mengatakan dalam menyukseskan kegiatan seni dan budaya tersebut, pihaknya akan menampilkan garapan kesenian yang akan pentas di PKB.

"Garapan kesenian yang akan ditampilkan pada ajang tahunan tersebut adalah gamelan Tabuh Rerangsang dan Tari Janji Hanoman," ujarnya.

Ia mengatakan garapan kesenian tersebut menitik beratkan pada cerita epos Ramayana. Selain itu juga mengacu pada tema PKB 2018, "Teja Dharmaning Kauripan" atau Api Spirit Penciptaan.

Hal senada juga disampaikan Koordinator Sekaa (kelompok) Janger Asti Swetha Swara Kelurahan Sesetan, Made Widiartha mengatakan pihaknya sudah menyiapkan penari dan penabuh kesenian tersebut dalam ajang PKB.

"Penari dan penabuh merupakan gabungan seniman lokal dari seluruh banjar se-Kelurahan Sesetan. Garapan seni kami didasarkan pada tari Janger sakral asal Banjar Pegok yang biasanya dipentaskan pada `Rahina Purnama Kapat` di banjar (dusun) setempat. Karena terkait regenerasi, maka kali ini tari Janger ini dibawakan oleh muda-mudi," ujar Made Widartha.

Sementara itu, pelaksana tugas Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara disela pelaksanaan pembinaan mengatakan bahwa pembinaan duta kesenian Kota Denpasar menjadi langkah penting sebagai tolak ukur sejauh mana kesiapan dan capaian hasil latihan para seniman-seniman Kota Denpasar.

"Dengan pembinaan kesenian tersebut menjadi langkah evaluasi serta langkah pemantapan apabila masih terdapat kekurangan untuk disempurnakan agar nantinya duta kesenian Kota Denpasar siap tampil memberikan yang terbaik pada PKB ke-40 Tahun 2018," ujar Jaya Negara.(WDY)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018