Xiamen (Antaranews) - Kementerian Pariwisata mematok target 1,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara asal China selama periode Januari-Oktober 2018.

"Paling tidak harus dapat segitu pada periode tersebut kalau ingin target tiga juta kunjungan wisman China tahun ini terpenuhi," kata Direktur Promosi Pariwisata RI di China Raya dan Asia-Pasifik Kemenpar, Vinsensius Jemadu, kepada Antara di Xiamen, Provinsi Fujian, Selasa.

Lima bulan tersebut merupakan kepadatan arus wisatawan dari China karena Juni sudah memasuki libur musim panas hingga September, sedangkan Oktober merupakan hari libur nasional,kata Vinsensius Jemadu.

Pada periode Januari-Februari 2018, Indonesia mendapatkan kunjungan 300 ribu wisman China. Jika dijumlahkan dengan Juni-Oktober 2018, maka seluruhnya mencapai 1,8 juta wisman China.

"Sisanya 1,2 juta harus bisa kami dapatkan dari beberapa hari libur lainnya, meskipun tidak signifikan," ujar Vinsensius Jemadu.

Pada tahun ini, pemerintah China memangkas jumlah libur nasional. Hari Buruh Internasional yang biasanya libur sepekan, menjadi hanya tiga hari. Demikian pula dengan Hari Nasional pada bulan Oktober yang sebelumnya 10 hari, tahun ini hanya sepekan. Libur Qingming bulan lalu juga dipotong sehari. (ed)

Pewarta: M. Irfan Ilmie

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018